Sinyal Sebuah Hubungan Hanya Pelarian Belaka

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 18:34 WIB
Sinyal Sebuah Hubungan Hanya Pelarian Belaka Ilustrasi (Pixabay/Olessya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Romantisme mendadak rusak lantaran kenyataan pahit bahwa si dia hanya menjadikan Anda sebagai pelarian belaka. Luka akibat perpisahan dengan sang mantan masih jelas terasa.

Orang-orang yang mencari pelarian berharap hubungan baru bisa mengubur kesedihan. Alih-alih menyembuhkan kesedihan, tapi luka baru justru ditimbulkan.

Penting untuk bisa membaca hubungan dan melihat tanda-tanda bahwa hubungan hanyalah sebuah pelarian. Sex therapist, Vanessa Marin, mengatakan bahwa hubungan yang bersifat pelarian bisa menyenangkan jika seseorang hanya mencari hubungan kasual tanpa komitmen.


"Namun jika Anda mencari hubungan yang serius, lebih baik beranjak dan biarkan dia hingga benar-benar sembuh sebelum memulai sesuatu yang baru dengan Anda," kata Marin.


Mengutip Cosmopolitan, berikut beberapa sinyal yang menandakan bahwa hubungan yang tengah dijalani hanya pelarian belaka.

1. Tak ada yang serius
Mereka yang ingin lari dari sakitnya patah hati biasanya menjaga hubungan baru agar tetap kasual atau tak ada yang serius. "Banyak hubungan pelarian dimulai dengan pemikiran bahwa hubungan tidaklah permanen," kata sex therapist, Sadie Allison.

Menurut dia, jika pasangan sering bersikap menyendiri, tidak berkomitmen atau langsung mengatakan tidak mencari sesuatu yang serius, maka ada kemungkinan mereka baru saja menyudahi hubungan yang buruk. Akibatnya, mereka tidak ingin terjun ke dalam komitmen romantis baru sampai mereka punya waktu untuk sembuh.

2. Belum selesai dengan kisah lama
Jangan anggap pasangan yang kerap mengklaim bahwa mereka sudah 'selesai' dengan orang terdahulu sebagai pertanda baik. Allison mengingatkan untuk tak langsung termakan kata-katanya.

Perhatian raut wajahnya. Apakah si dia terlihat menutupi rasa terluka? Jika iya, bisa jadi Anda hanya pelarian.

3. Sering membicarakan mantan
Sebagian orang tetap menjalin hubungan pertemanan baik dengan mantan. Makan siang bersama dan bercerita tentang mantan bisa jadi bukan hal yang aneh.

Akan tetapi, beda cerita jika si dia terus menerus membicarakan si mantan. Bagi Marin, kebiasaan ini bisa jadi sebuah sinyal bahwa pasangan belum 'selesai' dengan hubungan terdahulu.

4. Sengaja menghindari obrolan soal mantan
Hal sebaliknya juga berlaku. Sikap bungkam pasangan saat disinggung soal mantan bisa jadi pertanda masih adanya hati pada orang terdahulunya.

"Jika Anda tahu bahwa mereka baru putus, dan mantan tak menjadi topik obrolan, itu bisa jadi indikator adanya masalah," ujar Allison.

5. Tidak mau terbuka
Setiap orang perlu eksplorasi saat dihadapkan pada hubungan baru, mulai dari mengenali sifat pasangan dan mengetahui banyak hal tentangnya.

Jika pasangan terlihat enggan terbuka atau terlihat memasang senyum palsu, bisa jadi ini menjadi tanda bahwa Anda hanya pelarian belaka.

"Tak ada tatapan tulus dan dalam. Rasanya seperti mereka tak hadir sepenuhnya. Mereka tampak menyukai Anda, menghabiskan banyak waktu bersama, tapi tidak menjadi diri sendiri atau membiarkan Anda masuk lebih dalam," kata Allison.

6. Hubungan seindah dongeng
Hubungan baru berjalan beberapa pekan, tetapi rasanya sudah berjalan selama setahun. Rasanya serba sempurna, momen jatuh cinta pada pandangan pertama. Indah tetapi kenyataannya bisa pahit bahwa ini hanya pelarian.

7. Sinyal tak jelas
Seseorang yang menjalin hubungan demi pelarian sering mencoba beragam cara untuk mengalihkan perhatian mereka dari segala hal yang berhubungan dengan mantan. Mereka biasanya masih terluka dan memberikan sinyal tak jelas.

Misalnya saja, pada satu hari pasangan menjadi orang yang sangat penyayang tapi di kemudian hari mendadak cuek dan bahkan menganggap Anda tak ada. (els/asr)


BACA JUGA