8 Pertanyaan Wajib Sebelum Menjalin Hubungan Serius

CNN Indonesia | Sabtu, 09/03/2019 15:44 WIB
8 Pertanyaan Wajib Sebelum Menjalin Hubungan Serius Ilustrasi (Pixabay/Olessya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius, kenali pasangan terlebih dahulu. Pastikan Anda benar-benar nyaman dan mengenal orang yang Anda kagumi.

Jangan sampai hanya karena tak tahu, hubungan kandas di di tengah jalan. Oleh karena itu, tak ada salahnya bertanya pada calon pasangan sebelum memulai hubungan.

Penasihat hubungan di Relate, Gurpreet Singh menyebut, ada beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada calon pasangan untuk mengetahui apakah Anda benar-benar cocok.


Berikut panduan delapan pertanyaan yang wajib diajukan sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius.

1. Apa hal yang penting bagimu?
Singh menyarankan untuk bertanya mengenai apa yang menjadi prioritas calon pasangan. Jawabannya bisa jadi apa saja mulai dari karier, uang, atau keluarga.

Prioritas ini penting diketahui agar tak terjadi salah paham saat menjalin hubungan.

"Anda bisa saja berdebat tentang lelucon, tapi tak mungkin berdebat mengenai punya anak atau tidak, keuangan, pilihan karier. Ini adalah hal yang sangat penting," kata Singh kepada Cosmopolitan.

2. Untuk apa uang dipakai atau dibelanjakan?
Menurut Singh, keuangan merupakan hal yang penting dipastikan sebelum merajut hubungan serius. Perkara keuangan ini juga dapat memberikan gambaran mengenai kepribadian seseorang.

3. Seperti apa kehidupan ideal pada lima atau 10 tahun ke depan?
Tanyakan pada pasangan Anda mengenai masa depannya pada lima atau 10 tahun ke depan. Apakah dia berencana untuk pergi atau pindah kota, punya anak, memiliki rumah, menikah, atau karier.

4. Seberapa penting keluarga bagimu?
Nilai-nilai keluarga penting untuk dibicarakan dalam hubungan yang sehat. Jika terdapat perbedaan pandangan bisa jadi Anda tidak cocok, kecuali jika bisa saling menerima pandangan itu.

5. Apa saja minat atau hobimu?
Jawabannya boleh jadi sama atau berbeda dengan Anda. Tapi yang jelas, pertanyaan ini dapat memberi jawaban mengenai bagaimana calon pasangan Anda menghabiskan waktunya di kala senggang.

6. Siapa saja teman-temanmu?
Dengan siapa si dia bergaul sangat penting untuk diketahui agar Anda tak salah pilih. Anda juga bisa mengganti pertanyaan ini dengan: apa yang dibicarakan bersama teman-teman atau apa yang mereka lakukan.

7. Bagaimana kamu menyelesaikan masalah?
Hidup tak pernah lepas dari masalah. Bagaimana calon pasangan Anda mengatasi masalah atau konflik memberi Anda gambaran kepribadiannya.

Tanyakan pula bagaimana dia menenangkan diri saat marah atau sedang kesal.

8. Apa yang kamu lakukan untuk menyenangkan diri?
Setiap orang butuh untuk menyenangkan diri. Itu bisa dilakukan dengan cara bersama orang lain atau menghabiskan waktu seorang diri. Anda mesti menghargai dan menerima cara pasangan untuk menyegarkan diri. (ptj/asr)


BACA JUGA