Trik Agar Karamel Bawang Bombay Tersaji Sempurna

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 31/03/2019 04:41 WIB
Trik Agar Karamel Bawang Bombay Tersaji Sempurna Ilustrasi bawang bombay (Maddox74/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apakah Anda seorang penyuka bawang bombay? Bawang yang punya tekstur renyah dan aroma khas ini kerap hadir mewarnai segala jenis sajian.

Salah satunya adalah bawang bombay yang dikaramelisasi alias caramelized onion. Olahan bawang bombay satu ini sering dipakai sebagai topping sandwich atau burger.

Karamel bawang bombay memiliki rasa dan aroma tak ubahnya karamel. Ini disebabkan oleh kandungan gula dalam bawang bombay yang berubah menjadi karamel saat dipanaskan.


Ingin mencoba? Anda hanya perlu menumis bawang bombay hingga berwarna kecokelatan.


Ada beberapa trik yang perlu diperhatikan agar karamelisasi bawang bombay bisa sempurna, berikut mengutip Self.

1. Tumis dalam jumlah cukup banyak
Proses karamelisasi bawang bombay memerlukan waktu lama karena ditumis dalam temperatur kecil. Dalam sekali menumis, sebaiknya langsung masukkan banyak bawang bombay. Bawang akan menyusut seiring proses karamelisasi.

2. Perhatikan cara potong
Bagi bawang bombay ke dalam empat bagian. Teknik ini juga disebut dengan istilah 'julienne slices'.

Setelah dibagi ke dalam empat bagian, baru kemudian iris tipis bawang. Potongan seperti ini akan menghasilkan bawang bombay yang lembut dan juicy.

Jaga agar irisan tak begitu tebal karena hal itu akan membuat proses karamelisasi akan semakin lama. Tapi, jangan pula terlalu tipis jika tak ingin tumisan bawang bombay menjadi bubur.

3. Tambahkan sedikit garam
Nicolas Caicedo, koki eksekutif di Williamsburg Hotel, New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa bawang bombay tak bakal terkaramelisasi dengan baik jika semua air dalam daging bawang terevaporasi. Oleh karena itu, tambahkan sedikit garam untuk mempercepat proses ini.


4. Tumis dengan butter atau minyak zaitun
Caicedo menyarankan untuk selalu menumis bawang bombay dengan sumber lemak. Pilihannya bisa beragam, tergantung selera dan sumber lemak apa yang pas untuk masakan.

Caicedo sendiri biasa menggunakan butter dan minyak zaitun. Cukup tambahkan satu sendok teh untuk delapan butir bawang.

Selanjutnya, tumis dengan suhu sedang hingga uap air muncul sekitar 10 menit. Kecilkan api kompor dan aduk lalu biarkan selama 10 menit.

Usahakan mengaduk dengan seminimal mungkin untuk memaksimalkan kontak antara bawang dengan sumber panas demi hasil yang sempurna.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)


BACA JUGA