Hal-hal yang Mengurangi Ibadah Puasa

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 19:03 WIB
Hal-hal yang Mengurangi Ibadah Puasa Ilustrasi. Beberapa hal mampu membatalkan dan mengurangi ibadah puasa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Umat Islam mulai menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Selama satu bulan penuh, seorang muslim mesti menahan hawa nafsu untuk makan dan minum dari azan Subuh hingga masuknya waktu Magrib agar tidak membatalkan ibadah puasa.

Ustad Yusuf Mansur menjelaskan, makan dan minum dengan sengaja otomatis membatalkan puasa yang sudah dilakukan.

"Makan minum dengan sengaja sejak sehabis azan Subuh dan sebelum azan Magrib," kata Yusuf kepada CNNIndonesia.com, Senin (6/5).


Selain makan dan minum, ada beberapa hal lain yang juga dapat membatalkan puasa. Seperti memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh dengan sengaja, termasuk pada kubul dan dubur.

Keluarnya air mani karena bersentuhan kulit, bukan karena mimpi basah, juga disebut dapat membatalkan ibadah puasa. Melakukan hubungan seksual saat berpuasa juga membatalkan puasa. Aktivitas seks yang dilakukan menjadi tanda bahwa seseorang tak bisa menahan hawa nafsu, termasuk syahwat.

Begitu pun dengan perempuan yang mengalami haid atau nifas saat tengah berpuasa. Puasa juga batal saat seseorang mengalami gila atau murtad dari agama Islam.

Selain hal-hal yang membatalkan ibadah puasa, ada pula hal lain yang harus dihindari karena dapat mengurangi nilai ibadah puasa. Hal yang mengurangi ibadah puasa ini termasuk dosa kecil yang dilakukan saat sedang berpuasa. Mulai dari bergosip, berbohong, hingga marah.

"Puasa enggak batal (kalau marah). Cuma, mengurangi. Termasuk marah-marah di media sosial," ucap Yusuf.

Tak hanya itu, melihat aurat orang lain serta melakukan maksiat juga dapat mengurangi nilai ibadah puasa.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)