Melihat Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung

CNN Indonesia | Senin, 03/06/2019 03:06 WIB
Melihat Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung ilustrasi sakit jantung (Istockphoto/Zinkevych)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menahan lapar dan haus selama puasa di bulan Ramadan ternyata berdampak baik untuk kesehatan jantung. Puasa dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular termasuk serangan jantung. Ini juga berlaku jika Anda mampu menjalankan puasa dengan khusyuk tanpa marah-marah.

"Menahan emosi amarah juga bermanfaat untuk jantung karena emosi amarah bisa memicu serangan jantung," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Sony Hilal Wicaksono dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Menahan emosi artinya menjaga detak jantung tetap stabil sehingga terhindar dari serangan jantung.


Selain itu, Sony menjelaskan puasa dapat mencegah penyakit jantung karena asupan makanan lebih terkontrol. Dengan begitu, faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung seperti kolesterol dan gula darah dapat dijaga dengan baik. 


"Asupan kalori berkurang selama berpuasa. Diharapkan kadar kolesterol dan gula darah lebih bagus," ucap Sony.

Saat puasa, asupan garam juga menurun. Ini akan mengurangi risiko hipertensi karena tekanan darah lebih stabil.

Sony menyebut puasa bermanfaat dalam memberikan sistem proteksi pada jantung sehingga dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung. 


Agar manfaat puasa untuk jantung semakin optimal, Sony menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi karena dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Konsumsi makan seperti beras merah, roti gandum, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Konsumsi pula makanan dengan gizi seimbang saat berpuasa. Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring terdapat sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran, dan sepertiganya lagi merupakan gabungan dari lauk-pauk dan buah-buahan. (ptj/chs)