Obat Alami Penghilang Sakit yang Mudah Didapatkan di Dapur

tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 17:10 WIB
Obat Alami Penghilang Sakit yang Mudah Didapatkan di Dapur ilustrasi cengkeh (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nyeri sering kali muncul saat sedang berkegiatan. Obat penghilang rasa sakit atau painkillers kerap jadi pilihan utama. Padahal, selain obat farmasi, rasa sakit dapat dihilangkan dengan obat alami yang bisa didapatkan dengan mudah. 

Obat-obatan alami ini bahkan bisa Anda peroleh dari dapur Anda karena banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Obat-obatan alami ini memiliki risiko dan efek samping yang lebih rendah ketimbang obat farmasi. 

Berikut obat penghilang rasa sakit alami yang mudah didapatkan di dapur.



1. Jahe
Jahe dapat mengurangi rasa sakit secara alami. Jahe juga dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi peradangan.

Penelitian menunjukkan konsumsi jahe 2 gram per hari mengurangi nyeri otot akibat latihan ketahanan dan berlari.

2. Kunyit 
Kunyit mengandung kurkuma yang merupakan bahan aktif berkualitas tinggi dalam menghilangkan rasa sakit.Kunyit merupakan obat herbal untuk mengurangi peradangan.

Dikutip dari Medical News Today, studi mendapati ekstrak kurkuma sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan nyeri lutut ketika seseorang meminumnya selama empat minggu.

3. Cengkeh
Cengkeh dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, salah satunya sakit gigi. Penelitian menunjukkan cengkeh sama efektifnya dengan benzocaine gel yang merupakan gel topikal untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efektivitas cengkeh meringankan rasa sakit.


4. Es dan air panas
Mengompres tubuh yang nyeri dengan es dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan setelah otot tegang. Setelah peradangan hilang, panas dapat membantu mengurangi kekakuan yang timbul. 

Dikutip dari Health Line, menggunakan es juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit kepala. 

5. Bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa aliicin dan sulfur yang memberikan efek biologis yang kuat. Bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan rasa nyeri yang muncul.

Bawang putih juga mengandung antioksidan yang bekerja untuk melawan berbagai penyakit.

Selain lima bahan dapur tersebut, sebenarnya masih banyak bahan-bahan di dapur yang bisa digunakan sebagai obat alami penghilang rasa sakit.


(chs)