7 Manfaat Konsumsi Brown Sugar buat Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 06/07/2019 12:45 WIB
7 Manfaat Konsumsi Brown Sugar buat Tubuh Ilustrasi (Foto: Moe Rubenzahl/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Brown sugar atau gula merah kini tengah populer. Banyak makanan dan juga minuman dicampur dengan gula merah. Mulai dari roti panggang, kopi, hingga minuman susu dengan bubble.

Tambahan brown sugar pada makanan dan minuman memperkaya rasa manis. Tak hanya itu, brown sugar juga menawarkan manfaat kesehatan yang lebih banyak ketimbang gula putih.

Brown sugar merupakan jenis gula atau sukrosa yang berwarna cokelat karena adanya zat yang bernama molase. Kandungan molase inilah yang membawa manfaat kesehatan dan membuat gula merah lebih sehat ketimbang gula putih.


Gula merah mengandung nutrisi berupa kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan konsentrasi karbohidrat yang mencapai 97 persen. Satu sendok teh gula merah menghasilkan 17 kalori.

Berikut manfaat kesehatan mengonsumsi brown sugar.

1. Tingkatkan energi
Seperti halnya karbohidrat sederhana lain, brown sugar juga memberikan efek untuk meningkatkan energi pada tubuh dalam waktu yang singkat.

Kandungan molase dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa menghilangkan rasa lapar.

2. Atasi perut kembung
Sejumlah penelitian menunjukkan gula merah dan kandungan molase di dalamnya dapat menekan kelebihan gas di dalam perut. Alhasil, perut yang kembung dapat teratasi dengan konsumsi brown sugar.

3. Antiseptik
Dikutip dari Boldsky, gula merah memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan luka kecil dan memar. Gula merah juga mengandung sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat mencegah infeksi pada luka.

4. Kehamilan dan menstruasi
Brown sugar juga dapat membantu mempercepat pemulihan. Dikutip dari Organic Facts, konsumsi gula merah pada ibu hamil dapat menghilangkan kram dan rasa tidak nyaman.

Dalam pengobatan tradisional, gula merah juga digunakan sebagai ramuan untuk menghilangkan kram menstruasi.

5. Atasi flu
Brown sugar juga digunakan sebagai obat yang efektif untuk mengobati flu, pilek, dan kedinginan. Racikan gula merah ini dapat dibuat dengan merebus air dengan menambahkan beberapa irisan jahe dan gula merah.

6. Kesehatan kulit
Gula merah juga dapat melembabkan kulit. Brown sugar bisa mengurangi bengkak di kulit dan kaya vitamin B yang akan melindungi kulit dari efek penuaan dan mencegah sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

7. Obati Asma
Orang yang menderita asma dan masalah pernapasan lainnya disarankan untuk mengganti gula putih dengan gula merah. Konsumsi gula merah akan mencegah asma dan melawan reaksi alergi lainnya.

Namun, di balik manfaat kesehatan ini, brown sugar juga dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan seperti kelebihan berat badan, diabetes, dan infeksi ragi.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)


BACA JUGA