Dubai Terbitkan Surat Izin Minum Alkohol untuk Turis

CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 13:09 WIB
Dubai Terbitkan Surat Izin Minum Alkohol untuk Turis Pemandangan Dubai dari ketinggian. (Dok. Badan Pariwisata Dubai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak perlu lagi kucing-kucingan saat ingin menyesap minuman alkohol di Dubai, karena saat ini turis bisa mengantungi surat izin minum alkohol yang diterbitkan pemerintah negara Emirati itu.

Surat izin minum alkohol ini berlaku selama 30 hari dan pengajuannya tidak dikenakan biaya.

Walau telah mengantungi surat sakti tersebut, turis tetap wajib menjaga perilakunya dan hanya minum dari hotel, restoran, dan kelab malam yang telah ditentukan oleh Mercantile and Marketing International (MMI).



Terdapat 17 toko minuman alkohol yang juga masuk dalam pengawasan MMI. Di belasan toko ini turis bisa mengajukan surat izin minum alkohol tersebut.

Dikutip dari Gulf News pada Selasa (23/7), orang yang bisa mengajukan surat izin minum alkohol haruslah berusia 21 tahun ke atas dan non-Muslim.

Mereka wajib menunjukkan paspor, visa kunjungan, mengisi formulir, serta menandatangani surat yang menyatakan bahwa mereka bukan penduduk Uni Emirat Arab dan bakal patuh terhadap aturan setempat.


Toko tersebut nantinya akan menyimpan kopi paspor dan kopi surat yang telah ditandatangani, sementara turis bisa mengantungi yang asli dan menunjukkannya saat kembali berbelanja.

Jika ingin memperpanjang liburan, turis bisa memperpanjang surat tersebut setelah lebih dari 30 hari.

Salah satu jaringan toko penjual minuman alkohol di Dubai, African + Eastern, melayani pembuatan surat izin minum alkohol ini.

Pemerintah Dubai berharap peraturan ini bisa membuat nyaman turis dan menertibkan hukum terkait minuman alkohol di negara mayoritas Islam tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai surat izin minum alkohol ini, turis bisa mengunjungi situs alcohollicencedubai.com


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)