4 Cara Mudah Agar Pipi Tak Cepat Kempot

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 27/07/2019 09:25 WIB
4 Cara Mudah Agar Pipi Tak Cepat Kempot Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendengar kata 'kempot', orang langsung terbayang sosok penyanyi asal Solo, Jawa Tengah, Didi Kempot. Namun berkaitan dengan kecantikan, kempot berarti kondisi pipi yang agak masuk ke dalam. 

Pipi memang bakal berangsur kempot seiring bertambahnya usia. Faktanya, mereka yang memiliki pipi kempot banyak yang masih berusia muda. Tak pelak ini jadi salah satu tanda penuaan dini selain kerut dan garis wajah. 

Ada beberapa trik sederhana yang bisa dijajal demi pipi penuh dan antikempot. 



1. Latihan menggerakkan wajah

Coba stimulasi wajah dengan gerakan sederhana. Stimulasi akan membuat kulit lebih bercahaya dan lebih penuh. 

Buat tubuh terutama pundak lebih rileks. Buka mulut sedikit. Gerakkan mulut seolah Anda sedang berbincang dengan seseorang. Namun ini dilakukan sembari bibir tergulung ke dalam hingga menutupi gigi. 

Secara bersamaan, tarik sudut ke belakang hingga sedekat mungkin dengan gigi geraham. Lalu tahan posisi ini hingga 30 detik. Rasakan otot pipi dan mulut tertarik.

2. Buat pipi lembap

Sebaiknya pastikan pipi selalu dalam kondisi lembap. Oleskan krim pelembap tiap kali sehabis mandi. Sebelum tidur, gunakan pula krim malam dengan konsentrasi pelembap lebih banyak agar saat bangun pipi dalam kondisi halus. 

Menjaga kelembapan pipi pun bisa dilakukan dari dalam dengan memastikan kecukupan cairan. Saat tubuh tercukupi kebutuhan airnya, maka pipi akan tampak penuh dan merona. 


3. Manfaatkan lidah buaya

Oleskan lidah buaya langsung pada pipi dengan gerakan memutar perlahan. Lakukan 30-60 menit sebelum mandi. Sebagai alternatif, minum jus lidah buaya tiap pagi hingga memperoleh hasil yang diinginkan. Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. 

4. Jaga asupan makanan

Demi pipi berisi dan merona, perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin A dan makanan yang terbuat dari gandum. 

Makanan yang mengandung vitamin A misalnya, tomat, wortel, apel dan bayam. Anda juga disarankan mengonsumsi susu serta makanan yang terbuat dari gandum karena makanan ini akan membuat pipi kembali tebal dan halus. (els/chs)


BACA JUGA