5 Penyebab Infeksi Sinus

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 07/08/2019 15:22 WIB
5 Penyebab Infeksi Sinus Ilustrasi (Foto: Istockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Infeksi sinus atau sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga di sekitar hidung. Sinus yang sehat hanya dipenuhi oleh udara.

Saat terjadi peradangan, muncul lendir yang tidak dapat mengering sehingga menyebabkan rasa sakit. Selain itu, cairan lendir yang menyumbat rongga hidung, juga dapat membuat kuman tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Sinusitis dapat terjadi karena beberapa hal. Hindari penyebabnya agar sinus tak terjadi secara berulang. Berikut penyebab infeksi sinus.


1. Tersumbat
Di sekitar hidung terdapat delapan rongga sinus yang terletak berpasangan di sisi kiri dan kanan. Setiap sinus memiliki tempat sempit, yang disebut ruang transisi.

Ruang berupa lubang ini berfungsi sebagai drainase. Jika terjadi penyumbatan dalam transisi dari salah satu sinus, lendir bakal muncul.

2. Septum hidung menyimpang
Septum hidung adalah dinding tipis tulang dan tulang rawan di dalam rongga hidung yang memisahkan dua saluran hidung. Idealnya, septum berada di tengah hidung untuk memisahkan kedua sisi secara merata.

Tapi, pada sebagian orang, septum hidung dapat menyimpang karena genetika atau faktor cedera. Dikutip dari situs kesehatan Web MD, septum yang menyimpang ini adalah penyebab infeksi sinus. Selain itu, ia juga bisa membuat seseorang mendengkur saat tidur.

3. Sinus yang sempit
Beberapa orang juga memiliki variasi dalam anatomi hidung yang membuat rongga sinus lebih panjang atau lebih sempit. Anatomi ini juga dapat memicu infeksi sinus yang memunculkan lendir berlebih.

4. Rongga sinus tambahan
Sekitar 10 persen orang memiliki rongga sinus tambahan. Ini juga dapat mempersempit ruang transisi sehingga memicu munculnya peradangan sinus.

5. Sensitif dan alergi
Beberapa orang juga dapat sensitif terhadap sesuatu hal sehingga menjadi alergi. Misalnya sejumlah makanan dan kondisi lingkungan tertentu.

Kondisi-kondisi itu dapat membuat hidung bereaksi yang dapat mengarah ke pembengkakan atau peradangan. Alergi ini dapat menjadi penyebab infeksi sinus.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)