Gejala Umum Autoimun Seperti yang Diderita Raditya Dika

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 18:33 WIB
Gejala Umum Autoimun Seperti yang Diderita Raditya Dika Secara umum ada beberapa gejala yang muncul ketika menderita penyakit autoimun (Istockphoto/amenic181)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam vlog di channel Youtubenya, aktor dan penulis Raditya Dika mengaku menderita penyakit autoimun.

Autoimun sendiri adalah penyakit yang terjadi karena sistem imun atau kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh malahan berbalik menyerang sel sehat dalam tubuh. Mengutip berbagai sumber, penyakit ini berkembang saat sistem imun salah deteksi sel sehat dan menganggapnya sebagai sel rusak atau sel asing yang berpotensi mengganggu kesehatan. Tubuh pun memproduksi antibodi yang menyerang sel sehat dalam tubuh.

Sampai saat ini belum ada yang pasti terkait penyebab autoimun. Namun, beberapa orang disebut lebih berisiko terkena penyakit autoimun. Hanya saja ada beberapa hal yang dianggap menyebabkan penyakit penyerang kekebalan ini. Di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan, lingkungan, perubahan hormon, atau infeksi.


Terdapat sejumlah penyakit autoimun yang banyak ditemukan. Beberapa penyakit autoimun dapat menyerang satu organ saja, seperti Diabetes tipe 1 yang merusak pankreas. Ada pula yang mempengaruhi seluruh tubuh seperti Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Setiap penyakit autoimun ini menimbulkan gejala dan reaksi berbeda pada tubuh.


Namun ada beberapa gejala autoimun umum yang kerap dialami oleh penderita. Gejala juga berbeda-beda tiap penderita, tergantung pada kondisi tubuhnya.


1. Nyeri di seluruh tubuh. Dalam beberapa kondisi, nyeri juga terjadi di bagian sendi, atau pegal otot.
2. Rasa lelah yang berlebihan dalam jangka waktu lama.
3. Kerap sariawan
4. Rambut rontok parah
5. Brain fog (saat otak terasa seperti tertutup kabut sehingga seseorang seperti kehilangan memori, fokus, dan konsentrasi sewaktu-waktu).
6. Ruam pada kulit
7. Sering kesemutan di tangan dan kaki
8. Demam ringan (chs)