Agar Tak Tersesat saat Wisata Rombongan

CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 16:03 WIB
Agar Tak Tersesat saat Wisata Rombongan Ilustrasi. (AFP PHOTO / Toshifumi KITAMURA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tersesat adalah hal yang paling menakutkan saat berwisata ke luar negeri. Sebenarnya turis tak perlu takut tersesat apalagi jika berada di negara yang penduduknya mayoritas berbahasa Inggris.

Bagi yang baru pertama kali ke luar negeri bersama kawan atau keluarga, berikut sejumlah cara mengantisipasi terpisah dari rombongan:


1. Berbagi rencana


Sebelum pergi ke objek wisata, rombongan dapat membuat daftar destinasi yang akan dikunjungi serta riset mengenai rute yang bakal dilewati.

Kunjungi objek wisata yang paling jauh dari tempat penginapan atau paling ramai terlebih dahulu, sehingga tenaga tak habis di penghujung hari - apalagi jika harus tersesat.

Pastikan seluruh rombongan memahami dan mematuhi jadwal serta rute yang dilewati, jadi tak ada orang yang merasa tidak tahu menahu lalu terpisah.

Unduh aplikasi transportasi umum dan peta pada ponsel yang bisa digunakan sebagai petunjuk jika tersesat.

2. Simpan kartu nama hotel

Selain kopi identitas pribadi, uang tunai lokal, dan kartu transportasi, bawalah kartu nama yang berisi alamat dan nomor telepon hotel untuk ditunjukkan kepada orang sekitar jika benar terpisah dan harus pulang sendirian ke tempat penginapan.

3. Tentukan area bertemu

Informasikan kepada kerabat area bertemu saat satu sama lain terpisah di objek wisata. Berdiri dekat patung besar atau pintu keluar bisa menjadi pilihannya.

4. Gunakan MiFi

Walau jaringan WiFi di luar negeri sangat bisa diandalkan, tak ada salahnya juga membawa alat WiFi genggam (mobile WiFi/MiFi) di tas untuk digunakan sewaktu-waktu.

Jika mengandalkan alat WiFi untuk komunikasi, jangan lupa bawa kabel dan alat pengisi daya baterai (powerbank) terpisah dari ponsel.


5. Jangan andalkan powerbank

Usahakan mengisi baterai ponsel atau alat WiFi saat singgah di restoran atau kafe. Jangan terlalu mengandalkan powerbank selama perjalanan, juga untuk menjaga kualitas baterai ponsel dan alat elektronik lainnya. Gunakan powerbank hanya dalam keadaan darurat.

6. Identifikasi pakaian

Menggunakan pakaian atau aksesori dengan warna mencolok saat berwisata bersama rombongan bisa memudahkan identifikasi jika ada kawan yang terpisah dalam perjalanan.

7. Berbagi lokasi

Bentuk grup percakapan dalam aplikasi berbincang di ponsel. Minta seluruh orang dalam rombongan membagikan lokasinya (share location), terutama yang ingin memisahkan diri untuk berbelanja atau beristirahat sejenak.

(vvn/ard)