Mengenal Pesona Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 12:41 WIB
Mengenal Pesona Parepare, Kota Kelahiran BJ Habibie Proyek pembuatan jalur kereta api Makassar - Parepare. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Parepare adalah sebuah kota di provinsi Sulawesi Selatan, yang terletak di sebuah teluk menghadap ke Selat Makassar. Di kota ini, Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dilahirkan 83 tahun silam.

Meskipun terletak di tepi laut tetapi sebagian besar wilayah Parepare merupakan perbukitan. Bagian utara kota Parepare berbatasan dengan Kabupaten Pinrang, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sidenreng Rappang, dan di bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Barru.

Kata Parepare dalam bahasa Bugis bermakna 'Kain Penghias' yang digunakan di acara penting misalnya pernikahan. Hal tersebut dapat dilihat dalam epos La Galigo.


Berikut adalah beberap objek wisata di Parepare yang layak disambangi.



Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun
Monumen Cinta Sejati ini terletak di pusat Kota Pare-Pare sebagai wujud cinta Bacharuddin Jusuf Habibie kepada istrinya Hasri Ainun Besari. Monumen ini kerap dijadikan persinggahan dan lokasi foto oleh para wisatawan.
[Gambas:Instagram]

Pantai Lumpue
Pantai yang berada di Kecamatan Bacukiki Barat ini, memiliki air laut yang bening dengan pasir pantai halus kecoklatan. Lokasi ini dulunya hanya dipakai sebagai pemandian oleh orang-orang tertentu, namun karena gencarnya promosi akhirnya Lumpue menjadi salah satu objek wisata andalan di Sulawesi Selatan.
[Gambas:Instagram]

Kebun Raya Jompie
Kebun raya seluas 13,5 hektare yang terletak sekitar 2,5 kilometer dari pusat kota Parepare ini dibangun sejak tahun 1920.
Menurut analisis dari Tim Analisis Vegetasi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), keanekaragaman tumbuhan di kawasan ini terdiri dari 90 jenis yang berasal dari 81 marga tumbuhan.
[Gambas:Instagram]

Selain itu Kebun Raya Jompie menawarkan rekreasi seperti kolam renang, area perkemahan, dan jalan setapak untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana dengan berjalan-jalan.

Terumbu Karang Tonrangeng
Bukan hal yang baru jika pelestarian terumbu karang di Parepare sudah menjadi salah satu daya tarik wisata. Sehingga warga Kota Parepare khususnya yang bermukim di kawasan Tonrangeng-Lumpue, berpeluang menjadi pengusaha budidaya terumbu karang.
Melihat pertanda baik ini, Pemerintah Kota Parepare menjadikan kawasan ini sebagai pusat pelestarian terumbu karang dan budidaya terumbu karang.

Pantai Mattirotasi
Pantai yang terletak di Jalan Mattirotasi ini memiliki pemandangan lepas ke arah Teluk Parepare. Mattirotasi ramai dikunjungi warga Parepare pada akhir pekan untuk berolahraga dan bersantai.
[Gambas:Video CNN] (agr)