Cara Melawan Jenuh di Tempat Kerja

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 07:12 WIB
Produktivitas yang terhambat karena rasa jenuh akan menimbulkan perasaan kurang bahagia di tempat kerja. Atasi hal tersebut dengan beberapa cara. Ilustrasi. Produktivitas yang terhambat karena rasa jenuh akan menimbulkan perasaan kurang bahagia di tempat kerja. (Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merasa jenuh dengan lingkungan dan rutinitas kerja merupakan hal yang wajar. Rasa jenuh akan menjadi-jadi saat Anda telah bekerja cukup lama.

Namun, rasa jenuh akan berubah jadi petaka bila dibiarkan terlalu lama. Rasa jenuh bisa menghambar produktivitas dan semangat Anda di tempat kerja.

Saat produktivitas terhambat, Anda akan merasa kurang bahagia di tempat kerja dan sulit untuk mengembangkan diri. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut mengutip Medical Daily beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh.


1. Bercerita
Berkomunikasi dengan langsung bicara ke pokok permasalahan cenderung melibatkan bagian-bagian otak yang terbatas. Sedangkan berkomunikasi sambil bercerita melibatkan lebih banyak bagian otak yang dapat membantu meningkatkan pemahaman.

Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan cerita yang mengandung konflik cenderung akan melibatkan kita secara emosional. Hasilnya, tubuh akan melepas oksitosin yang membuat Anda meyakini pesan dan moral yang disampaikan dalam cerita tersebut.

2. Jangan sepelekan istirahat
Jika Anda sering melewatkan istirahat demi menyelesaikan pekerjaan, mungkin Anda harus segera menghentikan kebiasaan ini.

Faktanya, otak perlu beristirahat agar bisa berfungsi dengan baik sepanjang hari. Istirahat penting untuk mengisi ulang energi, terutama istirahat di tengah pekerjaan kantor.

3. Tetap bergerak
Otak akan selalu terhubung dengan gerakan fisik. Menurut penelitian yang diinisiasi Oregon Health and Science University, berolahraga dapat meningkatkan daya ingat serta pembelajaran.

Luangkan lah waktu untuk meregangkan tubuh atau sekedar berjalan-jalan saat istirahat. Meskipun sederhana, namun ini dapat membantu Anda untuk tetap segar dan bugar.

4. Berinteraksi
Berinteraksi dengan rekan kerja tak hanya sekadar untuk membangun koneksi ataupun kedekatan, namun juga untuk meremajakan otak agar siap mengerjakan tugas selanjutnya.

Sebuah studi di Korea Selatan mengatakan bahwa istirahat sambil berinteraksi di tengah pekerjaan cenderung dapat mengurangi emosi negatif dan stres.

5. Tempatkan tanaman hijau
Sejumlah penelitian telah membuktikan pentingnya peran alam untuk meningkatkan fungsi otak agar lebih optimal.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington menunjukkan adanya peningkatan fungsi kognitif dan kesehatan mental saat berinteraksi dengan alam.

Jika sulit menemukan ruang hijau terbuka di tempat kerja, Anda bisa menempatkan pot tanaman hijau di meja kerja. Meskipun kecil, namun ini dapat membantu memberi ruang kepada otak untuk bernapas.

6. Temukan tempat privasi
Privasi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, termasuk ketika di lingkungan kerja. Setiap orang butuh waktunya sendiri untuk bebas dari distraksi, mengembangkan keahlian, dan fokus pada pekerjaan yang dihadapi.

7. Pencahayaan alami yang baik
Salah satu hal yang penting dari tempat kerja adalah pencahayaan alami yang baik. Cahaya alami terbukti memiliki efek yang positif untuk kesehatan, stres, dan produktivitas.

Cahaya dapat menekan produksi hormon melatonin yang mengatur siklus tidur. Dengan begitu, otak akan menerima sinyal untuk tetap terjaga dan produktif.

[Gambas:Video CNN] (aul/asr)