4 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 14:04 WIB
4 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Ilustrasi. Beragam nutrisi yang ada di dalam buah naga bermanfaat untuk perkembangan janin dan menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat. (stokpic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buah naga kaya akan manfaat bagi ibu hamil. Beragam nutrisi di dalamnya bermanfaat untuk perkembangan janin dan menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat.

Buah ini pertama kali ditemukan di berbagai daerah di kawasan Amerika Tengah. Tak hanya manis dan mengenyangkan, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Hadir dengan warna merah atau putih, buah naga kaya akan vitamin C, karbohidrat, serat, dan lemak. Kesemuanya merupakan nutrisi penting selama masa kehamilan.


Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil, mengutip Live Strong.

1. Kaya vitamin C
Vitamin C punya peran penting pada masa kehamilan. Vitamin C membantu perkembangan gusi dan tulang bayi.

Dietary Reference Intake merekomendasikan konsumsi 70 miligram vitamin C per hari. Setiap satu porsi buah naga (100 gram) mengandung sekitar 4-25 miligram vitamin C.

2. Sumber karbohidrat
Sebagai sumber karbohidrat alami, satu buah naga seberat 100 gram mengandung sekitar 9-14 gram karbohidrat. Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak 135 gram karbohidrat harian.

Karbohidrat menjadi sumber energi utama bagi ibu hamil saat pertumbuhan janin. Konsumsi satu porsi buah naga membantu ibu hamil untuk menyeimbangkan asupan karbohidrat yang dibutuhkan setiap harinya.

3. Sumber lemak sehat
Lemak dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Bagi ibu hamil, lemak menjadi salah satu sumber energi. Sementara bagi janin, lemak membantu proses pembentukan otak.

Satu porsi buah naga mengandung sekitar 0,1-0,6 gram lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini juga membantu kenaikan berat badan selama masa kehamilan tetap sehat dan terjaga.

4. Serat yang memadai
Serat berperan dalam mengatur fungsi usus. Sembelit jadi salah satu masalah yang umum terjadi pada ibu hamil. Pastikan agar ibu hamil mengonsumsi banyak serat untuk mengatasi sembelit.

Satu porsi buah naga (100 gram) mengandung sekitar 0,3-0,9 gram serat. Dietary Reference Intake merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi sekitar 28 gram serat per hari.

Dengan beragam manfaat yang dimiliki, buah naga jadi salah satu sumber nutrisi tepat bagi ibu hamil.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)