Cara Tepat Memakai Disinfektan di Rumah

tim, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 18:28 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tak menyarankan untuk menyemprot disinfektan ke tubuh, melainkan ke permukaan benda. Berikut panduan penggunaan disinfektan. Ilustrasi. WHO tak menyarankan untuk menyemprot disinfektan ke tubuh melainkan ke permukaan benda. Berikut panduan penggunaan disinfektan.(CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengingatkan masyarakat untuk tak menyemprot disinfektan langsung ke badan atau ke kulit. Pasalnya penggunaan disifektan yang langsung terkena badan atau kulit akan berbahaya. Bahan kimia yang dimaksud adalah alkohol atau klorin yang umumnya terdapat dalam kandungan bahan cairan disinfektan. 

"Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut," tulis cuitan dari akun resmi WHO Indonesia di Twitter WHO, Minggu (29/3).

Selain itu, menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia, menurut keterangan WHO, sebetulnya juga tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.


"Cairan disinfektan bisa bersihkan virus di baju tapi tidak akan melindungi Anda jika kontak langsung dengan orang sakit. Disinfektan ini senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh senyawa kimia pada objek permukaan benda mati, meja perawatan medis, dan lainnya," kata Wiku Adisasmito, Ketua Tim Pakar Gugus Penanganan Covid 19 saat konferensi pers 'Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19' Senin (30/3).

"Dalam rangka pencegahan Covid-19, penggunaan cairan disinfektan di publik, perlu memerhatikan komposisi dan jenis bahan dan tidak dianjurkan dilakukan berlebihan serta fogging karena bisa menyebabkan iritasi kulit."


Berikut panduan penggunaan disinfeksi, dikutip dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta:

1. Gunakan alat pelindung diri, khususnya sarung tangan dan masker.
2. Bersihkan permukaan barang dengan menggunakan air dan sabun.
3. Siapkan tisu, kain mikrofiber, kain pel, serta cairan disinfektan dengan kandungan hipoklorit 0,1-0,5 persen atau chloroxylenol 2,5-5 persen.
4. Rendam kain mikrofiber dan kain pel ke dalam disinfektan. Lap pada permukaan datar dan barang yang paling disentuh tangan. Diamkan selama selama 10 menit. Kemudian seka dengan lap kering dan bersih.
5. Untuk botol sprayer: Semprotkan cairan disinfektan pada tisu dan lap secara zig-zag atau memutar dari tengah keluar.
6. Setelah selesai, lepaskan APD. Cuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir.

[Gambas:Video CNN]

(tst/chs)