Zakat Fitrah: Hukum, Niat, dan Tata Cara

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/05/2020 18:45 WIB
Warga menunggu pembagian zakat fitrah berupa beras di Masjid Istiqlal, Jakarta, 4 Juni 2019. Masjid Istiqlal menyalurkan zakat sebanyak 27,5 ton beras tahun ini. Sebanyak 17,5 ton di antaranya didapat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono) Ilustrasi. Selain untuk menyucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadan, zakat fitrah juga dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya wajib menjalankan ibadah puasa, umat Muslim juga wajib menunaikan ibadah zakat fitrah di bulan Ramadan.

Selain untuk menyucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadan, zakat juga dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Pemberian zakat juga bertujuan agar kemenangan di Hari Raya Idulfitri dapat dirasakan oleh semua orang, termasuk mereka yang kekurangan.

Sebagaimana terdapat dalam banyak referensi, zakat mempunyai berbagai makna. Mengutip buku Panduan Zakat Praktis Kementerian Agama, kendati saling berbeda, namun kesemuanya mengacu pada satu tujuan yang sama sesuai dengan QS At-Taubah ayat 103. Yakni, untuk menyucikan jiwa dan harta.



خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya:
"Ambil lah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoa lah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu [menjadi] ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Hukum Zakat Fitrah


Zakat fitrah memiliki ketetapan hukum yang wajib dilakukan bagi umat Muslim. Hal ini tercantum dalam HR Bukhari Muslim.

فَرَضَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الفِطْرِ -مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ

Artinya:
"Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan zakat fitrah [pada bulan Ramadan kepada setiap manusia]."

Warga membawa zakat fitrah berupa beras saat pembagian zakat di pendopo Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (23/6). Sekitar 3.000 paket zakat fitrah dari pegawai kabupaten Sidoarjo tersebut diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan jelang hari raya Idulfitri. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc/17.Ilustrasi. Zakat fitrah memiliki ketetapan hukum yang wajib ditunaikan oleh umat Muslim. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Zakat fitrah dilakukan oleh umat Muslim mana pun tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Mereka yang akan melaksanakan ibadah zakat fitrah harus memenuhi beberapa syarat, yang di antaranya (1) beragama Islam; (2) hidup pada saat bulan Ramadan; dan (3) memiliki kelebihan rezeki.

Meski wajib mengeluarkan zakat, namun tak semua umat Islam wajib menanggung sendiri beban kewajiban tersebut. Orang yang bertanggung jawab atas nafkah orang lain, wajib mengeluarkan zakat untuk orang yang berada di bawah tanggungannya. Misalnya, seorang ayah wajib menanggung zakat fitrah untuk anak-anak yang menjadi tanggungannya.

Tata Cara dan Besaran Zakat Fitrah


Zakat fitrah bisa ditunaikan sejak awal Ramadan dan paling lambat diberikan sebelum ditunaikannya salat Id. Jika dikeluarkan setelah salat Id, maka zakat dihitung sebagai sedekah biasa dan dianggap belum melakukan kewajiban menunaikan ibadah zakat.

Para ulama sepakat bahwa besaran zakat fitrah adalah satu sha', sebagaimana yang disebutkan dalam HR Bukhari Muslim.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا قَالَ: فَرَضَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أوْ صَاعًا مِن شَعِيْرٍ، عَلَى العَبْدِ والحُرِّ وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

Artinya:
"Rasulullah shallallahu ala'ihi wasallam telah mewajibkan zakat fitrah sebesar satu sha' kurma atau satu sha' gandum atas hamba sahaya, orang merdeka, laki-laki maupun perempuan, anak kecil atau dewasa, dari orang-orang Islam, dan beliau menyuruh menunaikannya sebelum orang-orang keluar untuk salat hari raya."

Mengutip situs resmi Badan Amil Zakat Nasional, menilik hadis tersebut, maka besaran zakat fitrah umumnya diukur dalam beras atau makanan pokok sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa.

Ilustrasi Zakat FitrahIlustrasi. Sejumlah ulama memperbolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha' gandum, kurma, atau beras. (iStockphoto/Avid Photographer)

Sejumlah ulama juga memperbolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha' gandum, kurma, atau beras. Nominal zakat disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi atau berlaku di suatu daerah.

Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No.27 Tahun 2020 tentang Nilai Zakat Fitrah dan Fidiah untuk wilayah Jabodetabek, ditetapkan bahwa nilai zakat setara dengan uang sebesar Rp40 ribu per jiwa.

Dalam aturannya, zakat fitrah juga harus dibagikan kepada para penerima zakat yang tergolong dalam kelompok mustahik seperti berikut:
- Fakir
- Miskin
- Petugas zakat
- Muallaf
- Budak
- Orang yang terlilit hutang
- Orang yang sedang dalam jalan Allah
- Orang yang sedang dalam perjalanan jauh, tapi bukan untuk kemaksiatan.


Niat Zakat Fitrah

Seluruh amal ibadah harus melibatkan niat. Niat merupakan bagian dari penentu sah atau tidaknya suatu amalan.

Sebagaimana diketahui, seseorang wajib mengeluarkan zakat untuk orang lain yang berada dalam tanggungannya. Setiap zakat yang dikeluarkan memiliki niat yang berbeda, seperti berikut:

1. Niat untuk diri sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:
"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta'ala."

2. Niat untuk istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:
"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta'ala."

Jamaah berdoa usai sholat Ashar di Masjid Cut Mutia, Jakarta. CNN Indonesia/Safir MakkiIlustrasi. Menunaikan zakat fitrah harus diiringi dengan pembacaan niat yang tepat. (CNN Indonesia/Safir Makki)

3.Niat untuk anak laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:
"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ... (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta'ala."

4. Niat untuk anak perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:
"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ... (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta'ala."

5. Niat untuk diri sendiri dan keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:
"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh anggota orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta'ala."

6. Niat untuk orang yang diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (.....) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:
"Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk ... (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta'ala." (asr)

[Gambas:Video CNN]