5 Tips Menjaga Kelembapan Kulit Berminyak

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/06/2020 19:11 WIB
Young  brown-haired woman with clean fresh skin and soft, delicate make up. Woman  is touching own face tenderly. Image of freshness and cleanliness.Cosmetology, plastic surgery,facial treatment and beauty technologies. Ilustrasi. Produksi minyak yang terlalu banyak akan menghilangkan kelembapan kulit. (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelenjar sebaceous yang menghasilkan terlalu banyak minyak membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau. Produksi minyak yang terlalu banyak akan menghilangkan kelembapan kulit.

Orang dengan kulit berminyak juga lebih rentan terhadap kehadiran jerawat. Kotoran dengan mudah menempel pada kulit yang berminyak.

Untuk mengatasinya, biarkan kulit tetap dalam keadaan lembap. Berikut beberapa tips melembapkan kulit berminyak tanpa menimbulkan masalah.


1. Pelembap untuk kulit berminyak

Semua tipe kulit memerlukan pelembap. Namun, tidak semua pelembap bisa diaplikasikan untuk kulit berminyak.

Gunakan pelembap khusus untuk kulit berminyak. Pasalnya, formula yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Bahan-bahan yang harus dihindari

Pelembap untuk kulit berminyak biasanya memiliki formula ringan dan berbahan dasar air atau gel. Formula seperti ini tidak akan membuat kulit bertambah 'berat' tetapi tetap melembapkan.

Selain itu, pilih bahan yang tidak menutup pori. Melansir Boldsky, jenis kulit berminyak biasanya memiliki pori besar sehingga mudah tertutup dan timbul jerawat. Sebaiknya hindari bahan-bahan produk perawatan kulit dengan kandungan minyak kelapa (coconut oil), minyak alpukat, minyak zaitun, beeswax, stearyl alcohol, minyak mineral, lauric acid, linoleic acid, dan shea butter.

3. Gunakan toner

Gunakan toner sebelum mengaplikasikan pelembap pada wajah. Toner membantu menyiapkan kulit dengan membersihkan sisa kotoran.

Setelah toner diaplikasikan, diamkan beberapa detik untuk kemudian menggunakan pelembap.

4. Tetap sederhana

Berbagai produk skincare tersebar di pasaran. Namun, pemilik kulit berminyak diharapkan untuk tak mudah tergoda pada produk-produk populer tersebut.

Penting bagi pemilik kulit berminyak untuk memastikan perawatan kulit dilakukan sesederhana mungkin. Langkah perawatan kulit yang terlalu banyak dan melibatkan banyak produk bukan ide yang bagus untuk kulit berminyak.

5. Beri waktu produk untuk bekerja

Saat timbul masalah, banyak orang kerap buru-buru meninggalkan produk skincare yang digunakan. Padahal, kulit memerlukan proses adaptasi untuk setiap hal baru, termasuk produk perawatan.

Anda disarankan untuk tidak begitu saja membuang produk yang dianggap tak cocok saat baru sekali digunakan. Beri waktu agar produk beradaptasi dan bekerja.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]