Menurunkan Berat Badan dengan Minyak Zaitun

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 04 Jul 2020 05:25 WIB
Ilustrasi Minyak Zaitun Ilustrasi. Beberapa senyawa dalam minyak zaitun diketahui dapat membantu proses penurunan berat badan dengan lebih sehat. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Minyak zaitun memang dikenal kaya akan manfaat kesehatan. Namun, tahukah Anda jika minyak zaitun juga dapat membantu menurunkan berat badan?

Beberapa manfaat paling terkenal dari minyak zaitun di antaranya mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah. Bahkan, beberapa juga percaya bahwa minyak zaitun dapat menekan risiko kanker serta melindungi kesehatan otak.

Banyak manfaat minyak zaitun yang telah diamati dalam konteks Diet Mediterania. Pola makan ini ditandai dengan konsumsi tinggi buah, sayur, kentang, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Dalam diet Mediterania, minyak zaitun menjadi sumber lemak utama. Minyak zaitun sendiri diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA).

Melansir Healthline, kemampuan minyak zaitun untuk menurunkan berat badan terletak pada kandungan lemak tak jenuh tunggal dan medium chain triglycherides (MCT) yang dimiliki.

Sebuah studi mempelajari konsumsi lemak tak jenuh tunggal pada pria dengan kelebihan berat badan. Hasilnya, mereka yang mengganti asupan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dalam pola makan mengalami penurunan berat badan yang kecil tapi signifikan.

Penelitian lain juga setuju bahwa lemak tak jenuh lebih memberikan manfaat dalam memelihara berat badan yang sehat. Diet kaya lemak tak jenuh tunggal telah terbukti mencegah penambahan berat badan.

Weighloss- Low section of a young on a weighing scaleIlustrasi. Tak hanya menjaga kesehatan secara keseluruhan, minyak zaitun juga diketahui dapat membantu penurunan berat badan. (Istockphoto/Urilux)

Minyak zaitun juga menjadi sumber MCT yang baik. Senyawa ini dikenal karena kemampuannya untuk membantu penurunan berat badan.

MCT merupakan trigliserida yang mengandung asam lemak tak jenuh, yang terdiri dari 6-12 karbon. MCT dipecah dengan cepat dan diserap oleh hati dan digunakan sebagai energi.

Beberapa studi telah menemukan manfaat MCT dalam membantu penurunan berat badan. Salah satunya adalah sebuah penelitian yang menemukan bahwa MCT memicu produksi hormon pengatur nafsu makan yang dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa MCT dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun boleh jadi bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, manfaat ini bisa didapat jika minyak zaitun dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Dalam 1 sdm (15 ml) minyak zaitun, terdapat 119 kalori dan 13,5 gram lemak tak jenuh tunggal. Masukkan minyak zaitun dalam jumlah terbatas pada diet yang membatasi asupan kalori.

Sebuah tinjauan sistematis dari 11 studi terkontrol acak menemukan bahwa diet kaya minyak zaitun selama setidaknya 12 pekan dapat mengurangi berat badan lebih signifikan.

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai saus salad, dicampurkan ke dalam pasta atau sup, atau digunakan untuk memanggang makanan.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER