Jenis Tanaman Hias Air yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 17:53 WIB
Selain meningkatkan estetika, tanaman hias air juga bisa memurnikan air dan jadi habitat ikan. Berikut jenis tanaman hias air aquascape yang bisa coba ditanam. Selain meningkatkan estetika, tanaman hias air juga bisa memurnikan air dan jadi habitat ikan. Berikut jenis tanaman hias air aquascape yang bisa coba ditanam. (Foto: iStockphoto/ArtEvent ET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hampir semua tanaman hias air bisa tumbuh tanpa tanah. Hanya dengan media pot bahkan gelas yang diisi air, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

Hal ini didukung oleh morfologi atau bentuk sang tanaman, terkhusus pada bagian akar.

Melansir dari sciencing.com, tanaman air terbagi ke dalam empat jenis berdasarkan posisi akar dan daun, sebagai berikut


  • Algae: Algae atau alga adalah jenis tanaman air tertua dan paling umum. Alga ditemukan terutama di lautan dan mereka tidak memiliki akar, batang atau daun. Alga sangat kecil tetapi mereka adalah dasar dari rantai makanan laut.
  • Floating-Leaved Plants: Tanaman ini bukan melekat pada dasar air seperti kolam, sungai, atau laut, melainkan memiliki akar yang bisa menyerap air. Dapat ditemukan di lingkungan air tawar atau asin. Daun tanaman ini keras dan rata, berfungsi untuk menyerap sinar matahari.
  • Submerged Plant: Tumbuhan yang terendam atau terendam berakar pada lantai air sebagian besar vegetasinya berada di bawah air kolam atau sungai. Sementara daunnya berbentuk tipis dan sempit
  • Emerged Plants: Dikenal juga dengan nama emersed, berakar pada tanah yang ada di air kolam atau sungai tetapi vegetasinya sebagian besar berada di atas air. Tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari yang cukup untuk bisa tumbuh dengan baik.

Secara alami tanaman air dapat ditemui di kolam atau laut. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai menggemari tanaman air sehingga menjadikannya tanaman hias baik di pot atau akuarium. Berikut CNNIndonesia.com berikan beberapa contohnya:

Tanaman Hias Air di Akuarium (Aquascape)

Tanaman hias air tidak hanya mempercantik ruangan karena kesan estetiknya, tapi juga punya manfaat lain. Tanaman air ibaratnya seperti filter untuk memurnikan air tempat ia tumbuh dan berkembang.

Apabila diletakkan dalam akuarium atau sebagai aquascape, tanaman air bisa mengurangi polutan di air, menjaga air tetap bersih, menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen ke dalam air, serta memberikan habitat yang nyaman bagi ikan.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Berikut 4 contoh tanaman hias air aquascape yang bisa menjadi rujukan.

1. Amazon Sword

[Gambas:Instagram]

Jenis tanaman aquascape lapisan background plants ini berbentuk satu batang kemudian menjulur ke atas ada daun. Satu varietas, Echinodorus bleheri memiliki daun lebar. Varietas lain, Echinodorus amazonicus memiliki daun lebih sempit.

2. Jungle Vallisneria

Aquarium plants - Vallisneria gigantea and Vallisneria spiralisVallisneria spiralis adalah jenis tanaman hias air aquascape yang tergolong sebagai background plants (Foto: iStockphoto/ArtEvent ET)

Anggota tanaman tapegrass ini tingginya bisa menjulang hingga luar akuarium dan memberikan perlindungan yang cocok bagi ikan yang pemalu. Jungle Vals bisa tumbuh hingga ratusan sentimeter. Karena ukurannya yang tergolong besar, Jungle Vals masuk dalam kategori background plants.

3. Pakis Lidah

Aquascape pakis lidahPakis lidah adalah jenis tanaman air hias aquarium yang bisa menjadi habitat ideal bagi ikan dalam akuarium (Foto: iStockphoto/cynoclub) 

Pakis Lidah tumbuh dari batang yang disebut rimpang. Tanaman air hias aquarium ini dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar.

Pakis Lidah tumbuh sangat baik di bawah terik matahari. Tanaman hias air di kolam ini dapat tumbuh dengan baik walaupun tanpa penambahan karbon dioksida (CO2) ekstra atau pupuk tambahan. Pakis Lidah termasuk dalam kategori midground plants.

4. Staurogyne Repens

[Gambas:Instagram]

Staurogyne Repens merupakan tanaman yang berasal dari famili Acanthaceae. Tanaman ini disebut-sebut pertama kali ditemukan di sungai Cristalino di Amerika Selatan. Cara merawat Staurogyne Repens pun cukup mudah dan salah satu jenis tanaman yang tahan banting.

Tanaman Hias Air di Pot

Selain di akuarium ada juga yang bisa tumbuh dengan media pot dan biasanya diletakkan di dalam rumah (indoor). Contoh tanaman:

1. Sirih Gading Air

[Gambas:Instagram]

Sirih Gading populer dijadikan tanaman hias indoor (dalam ruangan) maupun tanaman pekarangan (outdoor). Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat semi-epifit dan masuk dalam anggota suku talas-talasan (aracae).

Sirih Gading air ini memiliki daun yang berwarna kuning cerah atau hijau pucat kekuningan. Ini dapat merambat dengan media tanaman atau batang pohon lain dengan ukuran daun besar.

Ada baiknya jika hendak membiakkan di pot atau botol, Sirih Gading dipotong dulu dengan panjang antara 20-30 sentimeter.

2. Philodendron Monstera Deliciosa

Aquascape pakis lidahPhilodendron Monstera Deliciosa atau Swiss Cheese Plant adalah tanaman hias air dalam pot yang bisa menjadi hiasan di meja (Foto: iStockphoto/cynoclub)

Monstera Deliciosa termasuk spesies tanaman berbunga yang berasal dari hutan tropis Meksiko selatan, selatan hingga Panama.

Di alam liar tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 20 meter dengan daun yang besar dan mengilap berbentuk hati dengan ukuran antara 25-90 sentimeter. Daun pada tanaman muda lebih kecil dan utuh tanpa lobus atau lubang, tetapi segera menghasilkan lubang-lubang saat mereka tumbuh semakin besar. 

Ini alasannya Monstera Deliciosa punya sebutan lain yakni Swiss Cheese Plant atau Cheese Plant karena terdapat lubang-lubang di daunnya mirip seperti keju.

 

3. Bambu Air

[Gambas:Instagram]

Tanaman yang dikenal juga dengan nama Horse Tail ini dapat tumbuh hingga 100 sentimeter. Memiliki daun yang agak bengkok berwarna abu-abu atau hijau yang bisa memiliki panjang hingga 23 sentimeter.

Selain itu, tanaman hias air satu ini memiliki batang yang berdaging dan ini menjadi cara untuk membedakannya dengan tanaman bambu darat. Tanamn ini pun disebut-sebut memiliki struktur yang kuat sehingga sulit dihancurkan.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]