Aglonema dan Deret Tanaman Kamar Lainnya untuk Atasi Insomnia

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 04 Agu 2020 07:33 WIB
Beberapa tanaman hias dipercaya dapat disimpan di kamar dan membuat tidur lebih nyenyak. Ilustrasi. Beberapa tanaman hias dipercaya dapat disimpan di kamar dan membuat tidur lebih nyenyak. (istockphoto/ Serezniy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sulit tidur menjadi masalah umum yang dihadapi banyak orang masa kini. Gaya hidup dan stres menjadi penyebab utamanya. Beberapa tanaman, dengan kemampuan menghasilkan oksigen yang baik, dipercaya dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Sejumlah studi ilmiah telah menemukan bahwa keberadaan tanaman di dalam kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Keberadaan tanaman membuat seseorang merasa nyaman dan secara otomatis menurunkan tingkat stres. Beberapa laporan juga menunjukkan bahwa tanaman efektif dalam mengurangi stres dan mengisi tubuh dengan energi positif.

Tak hanya itu, penelitian juga menemukan beberapa tanaman dengan kemampuan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida yang lebih baik. Dengan kondisi ini, tubuh jadi lebih rileks untuk menuju tidur yang lebih baik.


Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir soal perawatan tanaman di kamar tidur. Alam memiliki keanekaragaman yang luar biasa, ribuan tanaman dapat hidup dengan paparan sinar matahari yang sedikit.

Berikut beberapa pilihan tanaman di kamar agar tidur lebih nyenyak, mengutip berbagai sumber.

1. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya meningkatkan kualitas tidur. Mengutip Mashrita Nature Cloud, lidah buaya juga terpilih sebagai salah satu tanaman paling efektif untuk membersihkan udara dalam penelitian NASA.

2. Peace lily

Peace lily merupakan tanaman yang hidup di kawasan tropis. NASA Clean Air Study menemukan bahwa peace lily dapat membersihkan semua jenis racun dalam udara.

Selain itu, peace lily juga menjadi salah satu tanaman 'anti-manja'. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh dan hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari untuk berkembang. Jangan terlalu sering menyiramnya. Anda cukup memastikan kelembapan tanah.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

3. Aglonema

Aglonema adalah tanaman dalam ruang populer yang berasal dari kawasan Asia selatan. Ada ratusan spesies dengan kebiasaan tumbuh yang berbeda dari aglonema. Namun, kebanyakan dari mereka rentan terhadap musim dingin yang ekstrem.

Sama halnya seperti lidah buaya dan peace lily, NASA menjadikan aglonema sebagai salah satu pemurni udara terbaik. Tanaman tropis ini juga memancarkan oksigen dalam jumlah tinggi yang dapat membantu tidur lebih baik.

Tak perlu khawatir, aglonema juga menjadi salah satu tanaman hias yang paling tahan lama. Aglonema bisa bertahan hidup dalam kondisi cahaya rendah hingga udara kering sekali pun.

aglaonemaIlustrasi. Keberadaan aglonema di kamar tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak. (istockphoto/ BugTiger)

4. Gardenia

Aroma bunga gardenia sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kecemasan. Namun demikian, mengutip Pilea, tanaman ini membutuhkan keseimbangan cahaya dan kelembapan yang sempurna untuk berkembang. Taruh tanaman ini di sisi jendela kamar tidur Anda, agar tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

5. Melati

Sama halnya dengan gardenia, aroma melati yang lembut dapat menenangkan pikiran dan tubuh, sekaligus mengurangi tingkat kecemasan Anda.

Melati memberikan efek positif pada tidur yang dapat membuat Anda lebih produktif di hari berikutnya.

6. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua punya kemampuan untuk mengambil karbon dioksida di siang hari dan mengeluarkan oksigen di malam hari. Kondisi ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Sama seperti tanaman lainnya, lidah mertua juga tak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. Tanaman ini dapat tumbuh dengan kondisi cahaya yang minim, seperti di kamar tidur.

7. Lavender

Lavender sangat dikenal dengan aromanya yang menenangkan. Lavender juga dikenal sebagai 'obat anti-cemas'. Siapa pun yang menghirupnya bisa merasa tenang dan mengusir kecemasan dengan seketika. Beberapa penelitian menemukan, orang yang tidur sambil mencium aroma lavender mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Mengutip Country Living, meski tak dikenal sebagai tanaman hias indoor, namun lavender dapat bertahan dalam ruangan dengan kondisi yang tepat. Berikan cahaya langsung selama beberapa jam setiap hari. Taruh tanaman di kusen jendela untuk mendapatkan sinar matahari.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER