7 Penyebab Kulit Wajah Kusam, Dehidrasi hingga Kurang Tidur

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 15:16 WIB
Dalam kondisi tertentu, kulit akan terlihat kusam. Berikut sejumlah penyebab kulit wajah kusam. Ilustrasi. Beberapa hal dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, (iStockphoto/Artfully79)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak orang menginginkan kulit yang bercahaya. Namun, dalam kondisi tertentu, alih-alih bercahaya, kulit justru terlihat kusam. Kenali sejumlah penyebab kulit wajah kusam.

Kulit kusam bisa dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, pola makan, hingga stres.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena kulit kusam bisa diatasi. Sebelum mencari cara mengatasinya, lebih dulu ketahui beberapa hal yang bisa memicu kulit menjadi kusam.


Berikut penyebab kulit wajah kusam, mengutip berbagai sumber.

1. Penumpukan sel kulit mati

Ahli dermatologi Mona Gohara mengatakan bahwa manusia melepaskan jutaan sel kulit mati pada setiap harinya. "Penumpukan sel mati itu seperti debu," kata Gohara, mengutip Allure.

Tanpa rutin melakukan eksfoliasi, sel kulit mati hanya akan menjadi lapisan kotor yang mencegah kulit memantulkan cahaya.

2. Polusi udara

Polusi udara menjadi salah satu pemicu kulit kusam. Udara yang tercemar mengandung sejumlah partikel kecil yang dapat menciptakan radikal bebas untuk kulit.

Radikal bebas diketahui dapat merusak kolagen sekaligus merangsang produksi pigmen dari waktu ke waktu. Ketika warna dan tekstur kulit tidak merata, kulit dapat terlihat kusam.

Selain itu, polusi udara juga membuat kulit kehilangan kelembapannya. Kondisi itu pada akhirnya membuat kulit kering dan kusam.

3. Paparan sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari menjadi salah satu penyebab utama kolagen yang melemah. Kondisi tersebut membuat kulit kian kendur dan kusam.

4. Dehidrasi

Tanpa kelembapan yang cukup, kulit akan terlihat kusam. Dehidrasi dapat menurunkan volume aliran darah ke kulit yang pada akhirnya membuat kulit wajah terlihat pucat.

Namun, dehidrasi pada kulit wajah tak bisa dianggap sederhana. Mengutip Good House Keeping, tidak menjaga kulit tetap terhidrasi secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan yang bertahan lama seperti garis halus, kulit kendur, dan kerutan.

5. Stres

Stres memainkan peran besar dalam kecerahan kulit. Ahli dermatologi Debra Luftman mengatakan, stres memicu peningkatan hormon kortisol yang dapat memengaruhi aliran darah ke kulit dan membuat kulit tampak kusam.

"Apa pun itu, frustasi bisa jadi salah satu penyebab paling kentara atas kulit yang kusam," ujar Luftman.

6. Kurang tidur

Terjaga di malam hari akan mengganggu kecerahan kulit Anda.

Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan pemulihan. Saat tidur, sel-sel kulit memperbaiki diri dan beregenerasi. Waktu tidur yang kurang akan membuat sel-sel kulit tak dapat bekerja optimal.

7. Kurang nutrisi

Apa yang Anda makan sangat tercermin pada kulit Anda. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, manis, dan olahan bisa membuat kulit terlihat kusam.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]