10 Destinasi Wisata Alam untuk Liburan #DiIndonesiaAja

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2020 21:31 WIB
Berikut adalah 10 destinasi wisata alam #DiIndonesiaAja yang bisa masuk dalam daftar kunjungan Anda. 10 destinasi wisata alam #DiIndonesiaAja yang layak masuk daftar. (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah bukan rahasia, Indonesia adalah salah satu destinasi wisata favorit di dunia. Negeri yang memiliki julukan Zamrud Khatulistiwa ini dikenal punya banyak keunggulan, mulai dari pemandangan alam, kuliner khas, keanekaragaman budaya, dan warisan tradisional. Itu sebabnya mengapa berwisata #DiIndonesiaAja selalu lebih menyenangkan, tentunya jangan lupakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menyegarkan mental yang lelah akibat pandemi Covid-19, berikut adalah 10 destinasi wisata alam #DiIndonesiaAja yang bisa masuk dalam daftar kunjungan Anda.

1. Danau Toba


Danau terbesar se-Asia Tenggara yang terletak di Sumatera Utara ini menyajikan keindahan alam yang tak ada duanya. Secara umum, ada tiga rute yang bisa digunakan untuk menjelajahi Danau Toba. Selain itu, Anda bisa merasakan langsung kehidupan suku asli di sekitar Danau Toba yang bersahaja.

Kemenparekraf (iklan)Museum Huta Bolon Simanindo. (Foto: Kemenparekraf)

2. Kepulauan Seribu

Terletak tak jauh dari ibu kota Indonesia, Kepulauan Seribu menawarkan kesempatan rehat sejenak dari hiruk pikuk Jakarta. Sebagai jantung Kepulauan Seribu, Taman Laut Nasional memiliki beberapa pulau seperti Semak Daun, Gosong Pramuka, Karang Lebar, Karang Balik Layar, serta Pulau Kotok. Setidaknya ada 19 tempat menyelam dengan pemandangan bawah laut menakjubkan di sini. Itu belum termasuk pulau-pulau bersejarah, yaitu Pulau Onrust, Cipir, Kelor, dan Pulau Bidadari.

Kemenparekraf (iklan)Kepulauan Seribu. (Foto: Kemenparekraf)

3. Kawah Putih

Kawah Putih terletak sekitar 50 km dari Bandung, Jawa Barat. Gunung berapi ini tidak aktif, dan memiliki danau biru yang tersembunyi di bagian kawah, menghampar megah 2.430 meter di atas permukaan laut. Jika bepergian tanpa anak kecil, Anda bisa menjelajah Gunung Patuha dari sisi kiri pintu masuk Kawah Putih. Bila bersama keluarga, Anda dapat menunggangi kuda, atau mengunjungi Pinisi Resto Rancabali.

Kemenparekraf (iklan)Kawah Putih. (Foto: Kemenparekraf)

4. Candi Borobudur

Kemegahan Borobudur masih mengundang decak kagum setelah sekian lama. Anda mungkin sudah pernah ke candi Buddha ini, tapi tahukah Anda saat ini sudah ada desa-desa wisata di sekitar Borobudur? Pelancong dapat belajar membuat batik, gerabah, bahkan bertani, atau hanya merasakan suasana pedesaan Jawa Tengah yang menenangkan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti berarung jeram di sungai Elo dan Progo, serta mengunjungi Museum Arkeologi Karmawibhangga dan Museum Maritim Samudraraksa.

Kemenparekraf (iklan)Candi Borobudur. (Foto: Kemenparekraf)

5. Gunung Bromo

Bergeser ke Jawa Timur, ada Gunung Bromo yang akan membuat siapapun terkesima. Cobalah untuk melihat matahari terbit dari Penanjakan, kemudian menunggangi kuda, atau mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki luas wilayah 800 km persegi. Selain itu Desa Ngadas dijadikan pilihan untuk melihat kehidupan orang-orang asli Tengger dari dekat.

Kemenparekraf (iklan)Gunung Bromo. (Foto: Kemenparekraf)

6. Banyuwangi

Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi memiliki banyak keistimewaan seperti Kawah Ijen, Pantai Plengkung yang sudah tersohor di dunia, serta Pantai Merah yang akan menggoda para peselancar pemula. Lebih jauh, masih ada Green Bay atau Sarongan Pesanggaran dan Pantai Sukamade yang kerap didatangi kura-kura untuk bertelur. Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata Banyuwangi berkembang pesat sehingga tak boleh dilewatkan.

Kemenparekraf (iklan)Pantai Merah, Banyuwangi. (Foto: Kemenparekraf)

7. Bali

Rasanya tak ada yang belum mendengar nama Bali, Bali begitu tersohor, sebuah pulau cantik dengan kebudayaan yang kental, bahkan di era teknologi seperti sekarang. Anda bisa menemukan banyak kegiatan di sini, mulai sekadar bermalas-malasan sambil memandang alam hingga mengunjungi festival-festival budaya setempat. Keunikan Bali membuatnya selalu dirindukan oleh banyak orang.

Kemenparekraf (iklan)Bali. (Foto: Kemenparekraf)

8. Lombok

Lombok memiliki Gunung Rinjani, salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia, serta lebih dari 20 gili atau pulau kecil. Untuk Anda yang lebih memilih pantai, tiga yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Sementara di Lombok Barat, ada Pantai Senggigi yang istimewa. Tertarik dengan kecantikan kain tenun? Langsung saja mendatangi Desa Sade dan Rambitan untuk mempelajari cara membuatnya.

Kemenparekraf (iklan)Gunung Rinjani. (Foto: Kemenparekraf)

9. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan pelabuhan di ujung barat Pulau Flores, sekaligus sebagai pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. Pemandangan matahari terbenam dengan siluet kapal mengapung begitu memikat hati.

Selain pantai-pantai dan Taman Nasional Komodo, Kampung Melo juga jadi pilihan menarik. Di desa itu, adat masih terjaga baik. Tak jarang penduduk desa mengadakan pertunjukan budaya lokal seperti Tari Caci.

Kemenparekraf (iklan)Taman Nasional Komodo. (Foto: Kemenparekraf)

10. Wakatobi

Bagaikan surga di laut, Anda dapat menemukan tepian karang, atol, dan terumbu karang di Wakatobi. Harus diketahui, dunia mengakui keajaiban Wakatobi sebagai kawasan Karang Penghalang atau Barrier Reef terbesar kedua setelah Australia.

Anda memiliki pilihan lebih dari 50 titik penyelaman yang mudah diakses. Wakatobi disebut memiliki 942 spesies ikan, dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies terumbu karang di dunia.

Kemenparekraf (iklan)Wakatobi. (Foto: Kemenparekraf)

Memilih destinasi wisata dalam negeri adalah keputusan paling masuk akal selama fase adaptasi kebiasaan baru. Selain persiapan yang lebih singkat dan tidak merepotkan, kunjungan ke destinasi wisata berarti membantu perekonomian lokal, serta mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia.

Dapatkan info lengkap tentang destinasi wisata alam di Indonesia di sini.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK