5 Jenis Kaktus Indoor untuk Pemanis Sudut Rumah

Tim, CNN Indonesia | Senin, 05/10/2020 17:03 WIB
Jenis kaktus indoor pun beragam dan punya bentuk menarik yang bisa difungsikan sebagai dekorasi. Berikut 5 jenis kaktus indoor yang menarik. Jenis kaktus indoor pun beragam dan punya bentuk menarik yang bisa difungsikan sebagai dekorasi. (Foto: iStockphoto/arraymax)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah tren memelihara tanaman hias, kaktus merupakan salah satu tanaman hias populer yang banyak diminati.

Tanaman sukulen dengan ciri khas berduri ini fleksibel ditempatkan di mana saja, termasuk dalam ruangan (indoor).

Jenis kaktus indoor pun beragam dan punya bentuk menarik yang bisa difungsikan sebagai dekorasi.


Selain itu, kaktus membutuhkan sedikit perawatan ketimbang tanaman hias lainnya. Asalkan diberi banyak cahaya, mereka akan hidup. Bahkan beberapa di antaranya memekarkan bunga setiap tahun, dengan beragam corak warna yang menarik.

Berikut 5 rekomendasi jenis kaktus indoor yang bisa disimpan di dalam ruangan untuk mempercantik sudut rumah Anda:

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

1. Acanthocereus Tetragonus

Beautiful Cactus Cereus in the garden in SpringKaktus Acanthocereus Tetragonus meruapak salah satu jenis kaktus indoor. (Foto: iStockphoto/soniabonet)

Jenis kaktus ini juga dikenal dengan sebutan kaktus kastil peri. Kaktus ini berbentuk menyerupai kastil yang menjuntai ke atas dan memiliki banyak cabang berwarna hijau.

Kaktus kastil peri dapat mencapai tinggi 1 meter dengan bunga berwarna putih atau kuning.

Kaktus kastil peri sangat mudah dirawat serta merupakan kaktus dalam ruangan yang paling banyak dijual.

Cara menanam kaktus ini harus menggunakan tanah yang telah dikeringkan dengan baik. Acanthocereus Tetragonus cocok disimpan di pot tanah liat agar kelembapannya terjaga.

Kaktus kastil peri dapat disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari, hindari penyimpanan di ruangan AC.

2. Espostoa Lanata

ilustrasi kaktus espostoaKaktus Espostoa jadi salah satu pilihan kaktus indoor (Foto: iStockphoto/Saowakon Wichaichaleechon)

Espostoa Lanata yang juga kerap disebut kaktus Orang Tua. Jenis kaktus dalam ruangan ini berbentuk kolom dengan bulu lebat yang hangat dapat beradaptasi dengan baik di daratan tinggi.

Kaktus Orang Tua memilki habitat asli dari kawasan Ekuador Selatan hingga Peru Utara dan juga lereng barat Pegunungan Andes, sehingga kaktus ini dapat bertahan di dataran tinggi.

Bulu putih pada kaktus ini menjadi daya tarik sebagai tanaman hias. Namun, sebagian besar tanaman ini tidak tumbuh dengan baik di dalam pot, sehingga memiliki keterbatasan saat tumbuh dan berbunga.

Kaktus ini membutuhkan tempat yang cerah dan tanah yang kering. Saat musim panas, kaktus ini memerlukan pupuk dan air agar tetap hidup.

3. Mammillaria Fraileana

ilustrasi kaktus mammillariaKaktus Mammillaria jadi salah satu pilihan kaktus indoor. (Foto: iStockphoto/ideation90)

Mammillaria Fraileana merupakan kaktus kecil dengan tinggi maksimal 15 cm. Kaktus ini memiliki bunga merah terang dengan diameter 3 cm dan kelopak bunga dengan garis merah muda yang lebih tua.

Kaktus indoor ini cocok sebagai pemanis meja kerja Anda.

Merawat Mammillaria Fraileana pun mudah hanya dengan menyiram secara rutin dan memberi pupuk agar mendapatkan hasil terbaik. Bersihkan pot dari akar yang membusuk dan mengganti tanah secara rutin dengan berhati-hati.

4. Astrophytum Coahuilense

A plant with a special ability to adapt to the desert climate, as well. Unbelievable  that this family of plants have beautiful flowers. Let's know this plant a little bit.Kaktus Astrophytum Coahuilense jadi kaktus indoor favorit. (Foto: iStockphoto/Jumbofoto)

Jenis kaktus Astrophytum Coahuilense dikenal juga dengan kaktus sebutan Topi Uskup. Jensis kaktus dalam ruangan ini termasuk ke dalam kaktus bintang. Kaktus Topi Uskup memiliki bunga berwarna kuning.

Anda tetap harus menyiram dan memberi pupuk secara teratur dan merawat pot dengan benar agar memberi ruang untuk berkembang.
Jika melakukan perawatan dengan baik, Anda akan mendapatkan kaktus topi uskup dengan bunga cantik yang dapat menghias sudut rumah.

5. Gymnocalycium Paediophilum

[Gambas:Instagram]

Gymnocalycium Paediophilum merupakan kaktus kecil dengan batang bulat atau silindris yang memiliki banyak cabang.

Jenis kaktus indoor ini memiliki bunga berwarna merah muda pucat yang sering muncul pada musim panas dan juga dibarengi dengan buah oval berwarna hijau atau biru.

Kaktus ini berasal dari Paraguay, biasa hidup di tempat yang teduh di antara semak-semak atau rerumputan, sehingga membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun jika berlebihan bunga pada kaktus akan menghilang.

Merawat kaktus ini bisa dilakukan dengan menyimpan di pot yang cukup besar agar drainase mengalir dengan penyiraman satu atau dua kali dalam sehari.

Jenis-jenis kaktus indoor di atas dapat menjadi referensi Anda untuk memulai merawat kaktus.

Menambahkan kaktus sebagai tanaman hias di rumah dapat menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman. Menyimpan kaktus di dalam ruangan dapat memberikan oksigen dan menyerap polusi di dalam ruangan.

Tips Merawat Kaktus

Untuk menjaga tanaman kaktus tumbuh segar serta bernutrisi, ada tiga hal kunci yang harus diperhatikan.

Meski kaktus tergolong tanaman bandel, bukan berarti mendiamkannya begitu saja. Berikut tips merawat kaktus:

Cactus plants in white flower pots arranged by size and length of thornsFoto: Istockphoto/Drazen_
Ada 3 tips merawat kaktus yang harus diperhatikan

1. Sumber Cahaya yang Baik

Jenis tanaman yang satu ini membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup untuk terus hidup dan tumbuh. Namun, baiknya kaktus tidak terpapar sinar matahari secara langsung karena akan mengubah warnanya menjadi kekuningan.

2. Pemberian Kompos

Kompos bisa jadi pilihan untuk membantu meningkatkan nutrisi pada kaktus. Kombinasi antara kompos dan pasir dapat membuat drainase pada kaktus lebih efektif.

3. Menyiram Kaktus

Banyak yang beranggapan kaktus tidak membutuhkan air, itu salah.

Kaktus memang tidak dianjurkan untuk sering disiram karena dapat menghambat pertumbuhan, namun beberapa jenis kaktus indoor membutuhkan sedikit air untuk mencegah kekeringan.

Jika tidak hujan, baiknya kaktus disiram sekali dalam sepekan.

(rst/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK