Positif dan Negatif Konsumsi Kopi untuk Kesehatan Wanita

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 11:36 WIB
Selama 2 dekade, banyak orang meneliti manfaat dan risiko minum kopi bagi kesehatan. Berikut efek positif dan negatif minum kopi bagi wanita. Selama 2 dekade, banyak orang meneliti manfaat dan risiko minum kopi bagi kesehatan. Berikut efek positif dan negatif minum kopi bagi wanita. (Foto: IT-STUDIO/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak cuma kaum pria, banyak wanita juga suka minum kopi.

Namun, di balik kontroversi manfaat dan risiko minum kopi bagi kesehatan, kopi tetaplah kopi. Yang bagi penikmatnya memberi sensasi menenangkan sekaligus memacu semangat sebelum mulai beraktivitas.

Selama 2 dekade, banyak orang meneliti manfaat dan efek negatif minum kopi bagi kesehatan. Asalkan mengonsumsinya dalam takaran wajar, tentu kopi aman dikonsumsi dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan.


Berikut dampak positif minum kopi hitam bagi wanita, mengutip GrabHealth powered by GoodDoctor.

1. Menurunkan risiko Alzheimer

Di Amerika, dua pertiga pengidap alzheimer adlaah wanita. Sementara kandungan kafein pada kopi dapat menurunkan risikonya.

Bahkan, fakta mengungkapkan wanita 65 tahun ke atas yang minum 2-3 cangkir kopi sehari lebih kecil terserang demensia.


2. Mencegah kanker usus

Masih di lokasi penelitian yang sama, satu dari 23 wanita menderita kanker usus besar. Wanita yang mengonsumsi kopi, berisiko lebih rendah 26 persen terkena kanker usus.


3. Menghindari stroke

Mengonsumsi satu cangkir kopi sehari bagi wanita dikaitkan dengan penurunan risiko terserang stroke. Apalagi stroke adalah salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada wanita.

Selain itu, minum kopi juga bisa mencegah diabetes tipe 2, serangan jantung, dan penyakit hati.

Sementara manfaatnya bagi wanita dan pria secara umum, minum kopi membantu menstimulasi kerja saraf dan memacu adrenalin.


Dampak negatif minum kopi bagi wanita

Meski memiliki sederet manfaat kesehatan, tapi kopi juga bisa memberi risiko jika dikonsumsi terlalu banyak atau dalam kondisi tertentu. Berikut ulasannya.

1. Berisiko keguguran

Ibu hamil sebaiknya tidak minum kopi lebih dari 200 mg sehari. Ini karena tidak aman untuk kehamilan dan meningkatkan risiko keguguran.


2. Mengganggu kualitas ASI

Ibu menyusui juga tidak diperkenankan minum kopi kecuali telah berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Alasannya karena kopi berkafein dapat masuk ke dalam air susu ibu (ASI) yang bisa memengaruhi bayi, dan mengganggu ususnya.


3. Meningkatkan kecemasan

Mengonsumsi kopi memicu pelepasan hormon yang sama saat mengalami gangguan kecemasan. Apalagi jika kondisi atau mood sedang tak baik maka akan semakin memperburuknya.

Selain itu, secara umum minum kopi bisa memberi efek samping seperti diare, risiko osteoporosis, dan menyebabkan efek ketagihan.

Dengan manfaat dan risiko minum kopi bagi kesehatan wanita tersebut, diharapkan membuatmu lebih bijak dalam menentukan porsinya sehari-hari ya.

Untuk mengetahui seputar masalah kesehatan lain, bisa konsultasi langsung dengan mitra dokter Good Doctor di aplikasi GrabHealth.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK