8 Jenis Migrain dan Penyebab Gejala yang Dialami

tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 20:54 WIB
Terdapat beberapa jenis migrain yang disebabkan oleh berbagai hal seperti faktor genetik hingga menstruasi. Terdapat beberapa jenis migrain yang disebabkan oleh berbagai hal seperti faktor genetik hingga menstruasi. (lannyboy89/Pixabay)

5. Migrain retinal

Migrain retinal adalah jenis migrain yang menyebabkan perubahan pada penglihatan Anda sebelum atau selama sakit kepala migrain.

Tidak seperti migrain aura, migrain retina menyebabkan gejala hanya di salah satu mata Anda - Anda mungkin melihat kelap-kelip cahaya di penglihatan Anda atau mungkin kehilangan penglihatan sebagian.

Dalam kasus yang parah, kehilangan penglihatan ini bisa menjadi permanen.


Migrain retinal terjadi ketika Anda mengalami gangguan pada saraf di retina, jaringan di belakang mata Anda yang merasakan cahaya dan memproses informasi visual.

6. Migrain vestibular

Migrain vestibular adalah jenis migrain lain dengan aura di mana Anda memiliki gejala pusing dan vertigo.

"Pasien menggambarkan perasaan seperti mereka bergerak atau lingkungan mereka bergerak," kata Flippen. Sensasi ini juga bisa menyebabkan mual dan muntah.

Migrain vestibular terjadi ketika saraf yang mengontrol mekanisme keseimbangan otak Anda rusak, membuat Anda merasa tidak seimbang atau seperti sedang bergerak, kata Flippen.

7. Migrain menstruasi

Migrain menstruasi terjadi selama rentang dua hari sebelum hingga tiga hari setelah siklus menstruasi Anda dimulai. Migrain menstruasi mungkin terasa mirip dengan migrain biasa, tetapi sering kali berlangsung lebih lama dan menyebabkan mual yang lebih parah.

Migrain menstruasi disebabkan oleh penurunan hormon estrogen dan progesteron sekitar awal periode menstruasi.

8. Migrain perut

Flippen mengatakan bahwa migrain perut biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun dan dapat dimulai pada anak-anak semuda usia tiga tahun.

"Pasien biasanya menggambarkan perasaan mual, sakit perut dan kemungkinan muntah," kata Flippen. Tidak seperti migrain lainnya, migrain perut biasanya tidak menyebabkan sakit kepala.

Migrain perut dianggap migrain karena terkait dengan gen yang sama yang menyebabkan migrain - anak-anak yang sering mengalami migrain perut sering kali memiliki anggota keluarga yang menderita sakit kepala migrain dan mereka dapat mengembangkan migrain seiring bertambahnya usia.

Para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan migrain perut, tetapi mereka mungkin terkait dengan masalah pada saraf yang menghubungkan otak dan usus Anda.

Ada banyak jenis migrain yang dapat menyebabkan berbagai gejala berbeda. Jika Anda sering mengalami serangan migrain, temui dokter Anda untuk mengetahui jenis migrain yang Anda alami dan cara terbaik untuk meredakan gejala Anda.

Ada banyak cara untuk mengobati migrain dan "sebagian besar pasien seharusnya bisa mengendalikan kondisinya," kata Flippen.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK