Tempat Rahasia Menyembunyikan Anak-anak Badak Yatim Piatu

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 12:03 WIB
Di Afrika Selatan ada tempat rahasia untuk menyembunyikan anak-anak badak yang yatim piatu. Yolande Van Der Merwe bermain dengan anak-anak badak di The Rhino Orphanage, Afrika Selatan. (AFP/MICHELE SPATARI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak badak bernama Jessie baru berusia empat bulan ketika dia tiba di tempat penampungan di Afrika Selatan bagian utara, mengeluarkan darah dari luka di bahu dan sangat trauma.

Tim penyelamat mencurigai hewan itu dilukai oleh pemburu yang mengambil induknya, memukul ia dengan parang untuk mengusirnya.

Jessie beruntung bisa melarikan diri hidup-hidup dan mendarat di tempat yang didedikasikan untuk merehabilitasi anak badak yatim piatu.


"Butuh dua hari dan memberinya Valium agar dia bisa tenang," kenang penjaga Zanre Van Jaarsveld.

"Dia juga sangat dehidrasi," lanjutnya.

The Rhino Orphanage terletak di hutan lebat di provinsi Limpopo, Afrika Selatan, tersembunyi di ujung jalur tanah merah yang dihiasi lubang.

Monyet-monyet nakal melesat ke seberang jalan dan jerapah yang anggun terlihat di kejauhan.

Gerbang logam besar menjaga pintu masuk di lokasi yang dirahasiakan.

"Jika pekerja pertanian memberikan informasi kepada pemburu ... mereka akan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang akan mereka hasilkan dalam satu tahun gaji," kata pendiri Arrie Van Deventer.

Karena itu, keamanan dan kewaspadaan adalah kunci untuk melindungi panti asuhan badak, yang bertahan dengan sumbangan pribadi.

'Kami ibu mereka'

Van Deventer (67), mantan guru sejarah yang beralih profesi menjadi peternak, memulai proyek tersebut setelah dia dipanggil untuk membantu insiden perburuan pada tahun 2011.

Dua badak betina putih ditemukan mati di daerah itu, diduga dibunuh untuk diambil cula mereka.

Salah satu dari dua anak mereka masih hidup dan membutuhkan rumah baru.

Satu-satunya pilihan bagi anak badak yang trauma, katanya, adalah tempat yang tak diganggu pengunjung.

Saat ini panti asuhan menjadi rumah bagi sejumlah anak badak. Sebagian besar adalah spesies berbibir persegi, juga dikenal sebagai badak putih, tetapi beberapa badak hitam yang terancam punah juga tinggal di sana.

Misinya jelas: penyelamatan, rehabilitasi dan pelepasan. Tidak ada turis yang diizinkan masuk, sehingga meminimalisir kontak badak dengan manusia.

Tempat Rahasia Menyembunyikan Anak-anak Badak Yatim Piatu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK