5 Fakta Menarik Suku Baduy yang Desanya Nol Kasus Corona

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 10:46 WIB
Sejak beberapa hari yang lalu ramai pemberitaan kalau belum ditemukan kasus virus Corona di pemukiman Suku Baduy. Warga Suku Baduy Dalam. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak beberapa hari yang lalu ramai pemberitaan kalau belum ditemukan kasus virus Corona di pemukiman Suku Baduy.

Tenaga kesehatan Pemerintah Kabupaten Lebak, menyatakan bahwa masyarakat Baduy di pedalaman Lebak, Banten, terbebas dari Covid-19 karena disiplin tidak ke luar daerah.

"Kami mengapresiasi warga Baduy dapat mengendalikan Covid-19 itu," kata Petugas Medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Iton Rustandi di Lebak, Rabu (20/1).


Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus corona.

Bahkan, tetua adat setempat mengimbau masyarakat Baduy tidak boleh ke luar daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Bogor yang menjadi daerah penyebaran Covid-19.

Sebelum pandemi virus Corona Suku Baduy memang punya prinsip menutup diri dari dunia luar. Bukan tanpa alasan, prinsip tersebut merupakan pesan leluhur mereka sejak zaman dahulu kala. Nyatanya, menutup diri di masa pandemi virus Corona bisa menyelamatkan jiwa warganya.

Berikut lima fakta menarik mengenai Suku Baduy:

5 Fakta Menarik Suku Baduy yang Desanya Nol Kasus Corona

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK