Kenali Gejala Hipertensi yang Sering Tak Disadari

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 08:45 WIB
Hipertensi tak selalu menimbulkan gejala yang disadari. Berikut beberapa gejala yang harus diperhatikan. Ilustrasi. Hipertensi tak selalu menimbulkan gejala yang disadari. (Istockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hipertensi yang tak tertangani bisa berujung pada bahaya yang fatal. Kenali sejumlah gejala hipertensi berikut.

Hipertensi terjadi saat tekanan darah meningkat secara tidak sehat. Dalam jangka panjang, tekanan darah yang terus meningkat dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke.

American Heart Association menyebut, tekanan darah sistolik di kisaran 130-139 mm Hg dan diastolik 80-89 mmHg masuk dalam kategori hipertensi stadium 1. Jika terus meningkat sampai melebihi 180/120 mmHg, maka memasuki kondisi darurat hipertensi.


Banyak hal yang menyebabkan hipertensi. Salah satunya adalah faktor genetik yang diwariskan dari orang tua.

Selain itu, faktor gaya hidup juga turut berkontribusi dalam memicu hipertensi. Aktivitas fisik yang minim dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan hipertensi. Kelebihan berat badan juga jadi salah satu pemicu hipertensi.

Namun, sayangnya hipertensi tak mengeluarkan gejala spesifik tertentu. Gejala baru muncul saat hipertensi sudah dalam kondisi bahaya.

Mengutip WebMD, berikut gejala hipertensi yang harus diwaspadai:
- sakit kepala parah
- mimisan
- kelelahan
- masalah penglihatan
- nyeri dada
- sulit bernapas
- detak jantung tak teratur
- darah dalam urine
- berdebar-debar di dada, leher, atau telinga

Beberapa gejala lain yang kerap dikaitkan dengan tekanan darah tinggi tapi tidak umum, di antaranya:
- pusing
- gugup
- berkeringat
- sulit tidur
- bintik darah di mata

Jika Anda mengalami salah satu gejala yang harus diwaspadai di atas, segera datangi dokter. Kondisi yang tak ditangani bisa berujung pada serangan jantung atau stroke.

Perlu dicatat juga bahwa tak semua hipertensi menimbulkan mimisan. Jika ukuran tekanan darah Anda cukup tinggi, maka coba-lah beristirahat selama 5 menit dan periksa kembali tekanan darah. Jika tekanan darah masih sangat tinggi, maka segera hubungi layanan kesehatan terdekat.

Penting untuk memeriksa tekanan darah secara rutin. American Heart Association merekomendasikan orang dewasa dengan tekanan darah normal untuk memeriksakan tekanan darah setiap tahun demi mendeteksi dini.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK