Profesi 'Menantang' Oshiya: Mendorong Orang Masuk Kereta

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 15:39 WIB
Sistem kereta di Jepang masih disiplin dan teratur. Namun saat jam sibuk, ada pemandangan yang cukup Suasana kereta di Jepang saat jam berangkat dan pulang kerja. (iStockphoto/Rich Legg)
Jakarta, CNN Indonesia --

Disiplin dan inovatif, adalah dua kata yang menggambar Jepang. Sebelum pandemi virus Corona, tepatnya pada 2019, sebanyak 31,9 juta wisatawan mancanegara mendatangi Negara Matahari Terbit untuk menikmati nuansa modern di sana.

Tapi suatu destinasi wisata pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Soal Jepang, tak sedikit wisatawan yang kaget dengan padatnya penumpang kereta di sana saat di hari dan jam kerja.

Dengan biaya hidup yang tinggi, kereta memang menjadi andalan bagi sekitar 40 juta penumpang di Jepang setiap harinya.


Datang terlambat ke suatu tempat masih menjadi momok bagi penduduk Jepang, karena bisa mempengaruhi suasana hati bahkan hubungan kerja.

Perbincangan mengenai tema tersebut muncul di forum r/todayilearned (TIL) di situs komunitas Reddit.

Awalnya seorang pengguna Reddit mengaku takjub dengan profesi "people pusher (pendorong orang)" atau dalam bahasa Jepang disebut oshiya untuk masuk ke dalam kereta yang terlihat padat.

Dalam cuplikan video yang dibagikannya, seorang penumpang pria terlihat pasrah saat dirinya didorong masuk dan kemudian pintu kereta tertutup.

"TIL bahwa Jepang mempekerjakan people pusher atau oshiya untuk mendorong penumpang masuk di kereta yang padat," tulis sang pengguna Reddit.

Pengguna lain langsung ramai berkomentar pada unggahannya. Tak sedikit yang mengaku kaget dengan pemandangan tersebut.

"Saya kira penumpang kereta di Jepang sangat teratur," tulis salah satu pengguna Reddit.

Namun anggapan bahwa "ternyata kereta di Jepang itu sumpek" langsung dibantah oleh pengguna lain.

"Kereta di Jepang sangat teratur dan disiplin. Pemandangan ini hanya terjadi saat jam berangkat dan pulang kerja. Terutama di stasiun kereta yang dekat perkantoran dan pemukiman padat," jawab pengguna Reddit lainnya.

Mengutip tulisan dari Live Japan, kereta di Jepang memang biasanya penuh sesak saat jam berangkat kerja yakni sekitar jam 7 pagi hingga 9 pagi.

Kisah mengenai oshiya masih berlanjut ke halaman berikutnya...

[Gambas:Youtube]



Profesi 'Menantang' Oshiya: Mendorong Orang Masuk Kereta

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK