Cara dan Manfaat Deteksi Dini Kanker Payudara

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/02/2021 17:18 WIB
Kanker payudara termasuk penyakit kanker paling mematikan di Indonesia. Namun, penyakit ini bisa disembuhkan melalui deteksi dini. Kanker payudara termasuk penyakit kanker paling mematikan di Indonesia. Namun, penyakit ini bisa disembuhkan melalui deteksi dini. (Dok. Padrinan/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kanker payudara termasuk penyakit kanker paling mematikan di Indonesia. Namun, penyakit ini bisa disembuhkan melalui deteksi dini. Terdapat sejumlah manfaat deteksi dini kanker payudara.

Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan mudah melalui metode pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) atau pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Sadanis dilakukan oleh petugas kesehatan di fasilitas layanan kesehatan.

Sedangkan Sadari dilakukan dengan mencermati perubahan bentuk dan permukaan kulit payudara atau pada area puting pada 7-10 hari setelah menstruasi. Jika terdapat perubahan segera konsultasikan pada dokter.


"Deteksi dini ini sangat penting bagi pengobatan dan penyembuhan pasien kanker," kata dokter spesialis bedah onkologi Sonar Soni Panigoro dalam konferensi pers CISC, Jumat (19/2).

Berikut manfaat deteksi dini kanker payudara.

1. Angka harapan hidup tinggi

Kanker payudara yang ditemukan pada stadium dini memiliki angka harapan hidup yang tinggi yang mencapai 99 persen untuk kanker yang terlokalisasi atau belum menyebar dan 85 persen untuk kanker yang sudah menyebar.

Sedangkan kanker yang ditemukan pada stadium lanjut dan metastatik memiliki angka harapan hidup 27 persen.

2. Terapi kuratif

Tujuan pengobatan yang dilakukan adalah kuratif atau untuk penyembuhan penyakit. Sedangkan pada stadium lanjut terapi tidak lagi bertujuan untuk penyembuhan melainkan paliatif.

"Di stadium metastatik agak sulit melakukan penyembuhan, tapi untuk paliatif atau untuk memperbaiki kualitas hidup pasien," ungkap Sonar.

3. Peluang sembuh yang tinggi

Diagnosis dan terapi yang tepat setelah deteksi dini dapat mengurangi risiko penyakit berkembang menjadi metastatik atau menyebar ke area lain seperti otak dan tulang.

Kanker yang sudah menyebar ke organ lain lebih sulit disembuhkan.

4. Dapat mengetahui jenis kanker payudara

Deteksi dini yang diikuti dengan pemeriksaan lanjutan dapat mengetahui jenis kanker payudara yang diderita seperti luminal A, luminal B, Her 2, dan triple negatif.

Setiap jenis kanker memiliki sifat dan penyebaran yang berbeda-beda. Pengobatan pun juga berbeda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis kanker payudara sejak dini agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

5. Biaya pengobatan lebih murah

Biaya pengobatan pada kanker payudara stadium dini cenderung lebih murah ketimbang kanker pada stadium lanjut.

Oleh karena itu penting untuk melakukan deteksi dini kanker payudara secara berkala.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK