5 Ikan Hias Kecil Air Tawar yang Cantik dan Mudah Dipelihara

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 17:28 WIB
Berikut rekomendasi ikan hias air tawar tercantik yang mudah dirawat, namun tetap memberikan keindahan dan warna baru pada rumah Anda. Berikut rekomendasi ikan hias air tawar tercantik yang mudah dirawat, namun tetap memberikan keindahan dan warna baru pada rumah Anda. (Foto: iStockphoto/Daddy1971)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikan hias adalah salah satu hewan peliharaan populer di kalangan masyarakat, selain binatang darat.

Memiliki beragam spesies dengan tubuh yang berwarna-warni dan berkilau sekaligus menjadikannya bermanfaat untuk hiasan akuarium di dalam rumah.

Bagi pemula, ada rekomendasi ikan hias air tawar tercantik yang mudah dirawat, namun tetap memberikan keindahan dan warna baru pada rumah Anda.


1. Ikan Guppy

ikan guppyFoto: istockphoto/kerkla
Ilustrasi. Ikan guppy adalah salah satu ikan hias air tawar tercantik yang mudah dirawat.

Ikan guppy merupakan spesies ikan hias yang cocok dipelihara untuk pemula. Ikan guppies memiliki warna cerah dengan kemampuan beradaptasi di segala kondisi air.

Perawatan ikan guppies juga terbilang mudah. Akan tetapi, ikan guppies termasuk ikan hias yang hidup berkelompok, karenanya peliharalah ikan guppies 7 hingga 9 ikan.

Ikan guppies jantan memiliki warna lebih cerah dan sangat aktif bergerak ketimbang betina. Suhu air ideal untuk ikan guppy adalah 10 hingga 290 Celcius, tingkat ideal suhu ini harus konsisten dijaga. Guppies juga menyukai makanan cupang seperti daphnia, cacing, dan larva nyamuk.

2. Swordtails

[Gambas:Instagram]

Swordtails atau ikan ekor pedang cocok bagi pemula yang baru memulai merawat ikan hias. Swordtails serupa dengan guppy, yang harus hidup dengan berkelompok.

Bedanya swordtails tidak agresif dan lebih dikenal cinta damai.

Swordtails mudah dikenali, warna badan umumnya berwarna jingga dengan ekor panjang menyerupai pedang berwarna hitam, merujuk The Aquarium Guide.

Meski tidak agresif, swordtails dikenal aktif bergerak karenanya akan lebih baik jika akuarium anda cukup lebar dan panjang.

Pastikan jumlah ikan betina dan jantan seimbang atau jumlah betina lebih banyak dari jantan. Ini untuk mencegah pengembakbiakan tidak terkendali.

3. Cherry Barb

Bright red dominant male tropical aquarium fish Cherry barbus. Close-up of an exotic pet with lineament coloring of scales fins and pattern. Shallow depth of field, selective focusFoto: iStockphoto/Besjunior
Cherry barb adalah salah satu ikan hias air tawar tercantik yang mudah dirawat.

Ikan hias air tawar tercantik berikutnya adalah Cherry Barb. Ikan yang tergolong jenis wader hias ini termasuk ikan yang ramah dan tidak agresif.

Cherry Barb memiliki warna unik dan menarik, dengan rona merah di sekujur tubuh dan sedikit garis silver pada sisik, ekor, dan kepala. Cherry Barb termasuk golongan ikan berkelompok, jadi akan lebih baik jika memelihara 5 sampai 8 ekor.

Cherry Barb membutuhkan suhu air ideal 23-270 celcius dengan kandungan pH air 6-8. Perawatan Cherry Barb tergolong mudah, Cherry Barb memakan hampir semua jenis makanan ikan.

Pada awal kepindahan di akuarium baru, Cherry Barb akan malu-malu untuk memakan makanan yang anda berikan. Berikan waktu hingga Cherry Barb terbiasa. Dalam perawatan yang tepat Cherry Barb dapat hidup hingga 7 tahun.

4. Harlequin Rasbora

[Gambas:Instagram]

Ciri khas Harlequin rasbora mudah dikenali, yang dapat dilihat pada tubuh berwarna jingga dengan sentuhan mengilap dan tanda segitiga hitam pada bagian sirip.

Harlequin Rasbora juga termasuk ikan yang hidup berkelompok sekitar 10 ekor.

Ikan hias kecil cantik ini  menyukai segala jenis makanan baik alami maupun buatan, untuk pakan alami cacing sutra bisa menjadi pilihan yang baik.

Dalam perawatan yang tepat, Harlequin bisa hidup hingga 5 tahun dan tumbuh hingga 5 cm. Selain Harlequin, jenis rasbora lain yang bisa menjadi rujukan adalah Galaxy Rasbora, Black Harlequin Rasbora, Black Line Rasbora, Blue Line Rasbora, Emerald Dwarf Rasbora, Maculate Rasbora, Hengeli Rasbora, dan Green Kubotai Rasbora.

5. Neon Tetra

[Gambas:Instagram]

Neon tetra adalah ikan air tawar kecil yang cocok dan populer bagi pemula. Dapat tumbuh hingga 3 cm ikan neon tetra harus dipelihara secara berkelompok dalam satu akuarium.

Para pegiat ikan menyarankan memelihara 10 neon tetra. Neon tetra termasuk ikan yang damai sehingga kecil kemungkinan terjadinya perkelahian dengan ikan lain, kecuali jika dicampur dengan ikan cupang.

Neon tetra memiliki 3 warna berbeda, warna dasar pada tubuh neon tetra berwarna abu gelap, dengan garis biru terang mengkilap sepanjang badan dan garis merah melintang dari ekor hingga setengah badan.

Itulah ikan hias air tawar tercantik yang bisa anda pelihara. Gunakan akuarium yang cukup lebar dan panjang serta berikan tanaman agar ikan merasa nyaman dan ekosistem akuarium menjadi lebih sehat.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK