7 Tempat Kemah di Bogor untuk Keluarga

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 11:54 WIB
Berikut tujuh rekomendasi tempat kemah di Bogor untuk yang ingin camping bersama keluarga. Ilustrasi berkemah bersama keluarga. (istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berkemah bisa jadi salah satu cara mengakrabkan diri. Tak hanya dengan teman, berkemah juga pas dilakukan dengan keluarga. Anak kecil juga bisa ikut serta.

Ada banyak tempat kemah di Bogor, Jawa Barat. Medannya juga beragam, dari yang untuk pemula sampai profesional.

Bagi keluarga - terutama yang membawa anak kecil, area berkemah yang fasilitas dan layananannya lengkap tentu saja diperlukan. 


Sebelum memesan tempat, sebaiknya mencari tahu dulu mengenai paket yang ditawarkan, begitu juga dengan akses dan medan berkemahnya.

Kalau tidak yakin anak bakal betah berada di dalam tenda, bisa pilih area berkemah yang memiliki fasilitas vila. Jadi bermalam di tengah alam bebas masih bisa dirasakan. Kalau punya dana lebih, silakan pilih yang berkonsep glamping.

Berikut rekomendasi tempat kemah untuk keluarga di Bogor:

1. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas, atau Mandalawangi Cibodas Camping Ground, adalah sebuah area kemah yang berada di kawasan wisata Cibodas.

Letaknya di pintu keluar Kebun Raya Cibodas dan berada di kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Begitu memasuki area Mandalawangi Camping Ground, pengunjung akan dihadapkan pada patung komodo yang mulutnya terbuka dan berfungsi sebagai jalan masuk. Karena itulah, sebagai masyarakat menyebut area ini sebagai Taman Komodo.

Selain bermalam, pengunjung juga bisa menyambangi banyak objek wisata di sekitarnya, seperti Danau Mandalawangi, Sungai Cikundul, Air Terjun Rawa Gede, dan beragam wahana outbond lainnya.

[Gambas:Instagram]

2. Eagle Hill

Tersedia tujuh area berkemah di sini, seluruhnya berpemandangan langsung ke arah bukit dan hutan.

Meski di tengah alam liar, namun fasilitas dan layanannya tetap modern, sehingga pengunjung yang membawa anak bisa nyaman bermalam.

Area Camp 1 menjadi yang favorit karena diapit lembah dan berada dekat dengan sungai, sehingga sering dijadikan lokasi outbond komunitas atau perusahaan.

3. Highland Camp Curug Panjang

Dikelilingi hutan dan anak Sungai Ciliwung, tempat camping di Bogor ini berada di lereng Gunung Paseban. Terdapat 11 area kemah di sini dan tiga area khusus keluarga.

Seluas 5,9 hektare, area kemah ini menyajikan wisata alam yang terpadu. Pengunjung bisa memilik paket outbond atau trekking ke curug atau kampung sekitar.

Taman Kunang-kunang, yang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya, juga bisa dikunjungi untuk wisata edukasi anak. Begitu juga dengan pengenalan akan flora dan fauna di Miniatur Halimun.

Usai berkegiatan seharian, silakan kongko di Cafe Rimba.

Rekomendasi tempat kemah di Bogor untuk keluarga masih berlanjut ke halaman berikutnya...

7 Tempat Kemah di Bogor untuk Keluarga

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK