7 Tradisi Ramadan yang Meriah di Penjuru Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 03:28 WIB
Selama bulan Ramadan kemeriahan juga terus berlanjut, bahkan ada negara yang lebih gemerlapan selama bulan ini. Fanous yang dijual di pasar tradisional Mesir. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Padusan atau nyekar menjadi tradisi yang dilakukan di penjuru Indonesia menjelang datangnya bulan Ramadan.

Selama bulan Ramadan kemeriahan juga terus berlanjut, bahkan ada negara yang lebih gemerlapan selama bulan ini.

Berikut tujuh tradisi Ramadan yang meriah di penjuru dunia:


1. Haq Al Laila

Mirip tradisi trick-or-treat saat Halloween di dunia Barat, tradisi mengunjungi rumah untuk meminta permen atau kacang juga dilakukan anak-anak di Uni Emirat Arab.

Tradisi yang dinamakan haq al laila ini dilakukan sebulan sebelum Ramadan tiba, tepatnya tanggal 15.

Dengan mengenakan baju berwarna cerah dan menyanyikan lagu-lagu Islami, anak-anak akan mendatangi rumah tetangganya sambil membawa keranjang kayu (kharyta) untuk meminta permen atau kacang.

2. Mesaharaty

Selain puasa, sahur juga menjadi salah satu tantangan dalam bulan Ramadan. Tidak sedikit orang yang melewati sesi makan sebelum Imsak itu karena terlelap tidur.

Sama seperti di Indonesia, ada juga tradisi membangunkan orang saat sahur di negara-negara Arab dan Afrika. Petugasnya disebut mesaharaty atau pemanggil malam.

Berbekal gendang kulit yang ditabuh lembut, mesaharaty akan berkeliling kawasan pemukiman untuk membangunkan orang.

Di negara-negara seperti Arab Saudi, Yaman dan Mesir, hal ini masih umum dilakukan di desa-desa, di mana 'Al Tabbeil' atau pemain drum memanggil nama-nama keluarga di rumah yang dilewatinya.

Mereka tidak menuntut bayaran, tetapi orang-orang biasanya memperlakukan para pekerja yang tak kenal lelah ini dengan hadiah di akhir Ramadan.

3. Midfa Al Iftar

Masih sama seperti yang dilakukan di Indonesia, terdapat juga tradisi menembakan meriam untuk menandai waktu berbuka puasa.

Midfa Al Iftar menjadi tradisi yang biasa dilakukan jauh sebelum teknologi alarm diciptakan. Tradisi ini pertama kali dilakukan di Mesir.

7 Tradisi Ramadan yang Meriah di Penjuru Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK