Earth Day, Lakukan 7 Cara Sederhana untuk Selamatkan Bumi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 19:56 WIB
Saban 22 April diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Momen ini jadi pengingat bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk Bumi. Ilustrasi. Momen Earth Day jadi pengingat bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan Bumi. (iStockphoto/cjp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saban 22 April diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Di momen ini, manusia kembali diingatkan akan kerusakan lingkungan yang ada di depan mata.

Hari Bumi jadi momen untuk mengingatkan kita agar setidaknya ada hal-hal baik yang dilakukan demi planet ini.

Anda tidak harus melakukan hal besar. Justru mulai saja dari hal-hal sederhana sebagai berikut.


1. Menanam

Hobi menanam rupanya tak hanya menurunkan stres, tetapi juga memberikan sumbangsih positif buat lingkungan. Mengutip laman Tree People, aktivitas menanam, khususnya tanaman pohon, bisa menurunkan suhu kota.

Manfaatkan lahan di kompleks rumah untuk tanaman rindang atau pohon buah. Jika tak ada lahan kosong, manfaatkan metode hidroponik untuk menanam sayuran.

2. Kayuh sepeda

Asap sisa bahan bakar kendaraan menimbulkan jejak karbon. Dengan kata lain, saat Anda bepergian dengan motor atau kendaraan pribadi lain, Anda sudah menyumbang polusi udara.

Namun, selalu ada alternatif kendaraan yang minim atau bahkan nol jejak karbon seperti sepeda. Selain bersepeda, pertimbangkan untuk jalan kaki jika jarak tempuh tidak terlalu jauh. Langkah ini bisa menyehatkan lingkungan sekaligus tubuh Anda.

Ilustrasi bersepedaIlustrasi. Menjadikan sepeda sebagai moda transportasi jadi salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan Bumi. (Vincenzo di Leo via Snapwire (CC0 1.0))

3. Gunakan tas belanja yang bisa digunakan berulang

Mengutip Teen Vogue, orang Amerika Serikat menggunakan 100 juta kantong plastik dalam setahun. Ini baru Amerika saja, belum jika bicara penggunaan kantong plastik sekali pakai di negara-negara lain.

Melihat kenyataan ini, sebaiknya Anda mulai beralih menggunakan kantong yang bisa dipakai berulang (reusable bag). Kantong atau tas bisa meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dan biasanya lebih kuat menampung belanjaan.

4. Gunakan botol yang bisa diisi ulang

Sekarang banyak tempat menyediakan fasilitas daur ulang botol plastik. Namun, jika bisa menggunakan botol isi ulang, kenapa tidak?

Jangan lupa bawa botol isi ulang ke mana pun Anda pergi untuk meminimalisir keinginan membeli air minum dalam kemasan. Di rumah pun Anda bisa memperoleh air minum dari galon isi ulang.

5. Membeli sayur dari petani lokal

Anda bisa memenuhi kebutuhan sayur dari petani lokal. Selain mendukung kelangsungan ekonomi mereka, Anda juga turut berperan menyelamatkan bumi.

Sayur-sayuran yang biasa Anda beli di supermarket biasanya didatangkan dari perkebunan yang jaraknya cukup jauh. Perjalanan rantai distribusi ini meningkatkan konsumsi bahan bakar dan emisi karbon.

6. Matikan alat elektronik yang tidak digunakan

Mengutip laman Earth Day, mematikan alat elektronik dan lampu ruangan yang tidak digunakan sudah merupakan langkah penyelamatan Bumi.

Energi listrik banyak berasal dari bahan bakar fosil. Semakin banyak kita menggunakan energi listrik, semakin banyak pula emisi karbon. Penggunaan energi listrik secara cuma-cuma hanya akan memperparah emisi karbon dan mengarah pada global warming.

7. Gunakan masker kain

Penggunaan masker selama masa pandemi terbilang wajib. Anda pun tetap bisa mengimplementasikan konsep eco-friendly living dengan menggunakan masker kain, terutama masker kain 3 lapis.

Saat ini masker kain hadir dalam beragam warna, motif, dan model. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK