Tips Aman Bersepeda dan 7 Hal yang Patut Diperhatikan

tim | CNN Indonesia
Senin, 24 Mei 2021 08:40 WIB
Dalam kondisi tertentu, olahraga, termasuk bersepeda, juga bisa menimbulkan bahaya. Berikut tips aman bersepeda dan hal-hal yang patut diperhatikan. Ilustrasi. Dalam kondisi tertentu, olahraga, termasuk bersepeda, juga bisa menimbulkan bahaya. Berikut tips aman bersepeda dan hal-hal yang patut diperhatikan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

2. Periksa sepeda sebelum perjalanan jauh

Memeriksa komponen sepeda sebelum melakukan perjalanan sangatlah penting, agar terhindar dari masalah teknis. Berikut 4 aspek penting mengecek kondisi sepeda layak jalan.

Roda: pastikan roda sudah terpasang dengan kencang dan presisi dan jangan lupa untuk cek tekanan angin
Rem: pastikan rem berfungsi dengan baik
Rantai: pastikan rantai todak kendor atau kekurangan pelumas
Shifter/pengatur gigi: pastikan hal tersebut dalam kondisi baik untuk membuat sepeda aman melewati berbagai situasi lintasan

3. Pakai alat pelindung

Penggunaan pakaian dan perlengkapan sepeda memberikan rasa aman dan nyaman, terlebih bersepeda jarak jauh. Berikut beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk bersepeda jarak jauh


- Helm
- Celana khusus sepeda
- Baju khusus sepeda
- Kacamata pelindung
- Sepatu
- Lampu sepeda

4. Carbo loading

Carbo loading merupakan istilah yang artinya memuat asupan karbohidrat dengan jumlah banyak untuk menyimpan glikogen pada otot. Carbo loading dilakukan setidaknya sehari sebelum jadwal bersepeda jarak jauh.

Asupan makanan kaya karbohidrat seperti nasi, pasta, ikan, kentang, dan buah yang memiliki karbohidrat tinggi, baik dikonsumsi untuk memperkuat massa otot ketika bersepeda.

5. Menggunakan GPS dengan alat deteksi detak jantung

GPS yang dilengkapi alat deteksi detak jantung menjadi hal yang sering diabaikan oleh pesepeda.

Fungsi dari GPS ini bertujuan untuk memberitahu jarak, waktu, kecepatan, rata-rata kecepatan hingga detak jantung. Alat deteksi detak jantung berguna untuk mengontrol keadaan jantung Anda selama perjalanan.

6. Atur posisi duduk

Selain memeriksa komponen sepeda, penting untuk Anda mengatur ulang posisi yang tepat dan nyaman saat berkendara. Ketinggian sadel amat memengaruhi kenyamanan bersepeda, pastikan Anda hafal posisi nyaman Anda.

Posisi sadel terlalu tinggi dapat mengakibatkan rasa pegal pada pinggul. Namun, sadel terlalu rendah dapat mengakibatkan tempurung lutut mendapat tekanan tenaga lebih dan berdampak nyeri pada lutut.

Atur ketinggian sadel dengan posisi yang nyaman bagi Anda agar berkendara jauh dapat dilalui dengan baik.

7. Berlatih dengan jarak yang lebih pendek

Baiknya seseorang melakukan latihan sebelum bersepeda jarak jauh. Masa otot akan terbiasa apabila seseorang bersepeda rutin sebelum bersepeda jarak jauh.

Saat hendak bersepeda sejauh 150 kilometer, lakukan pemanasan 50-75 persen dari jarak bersepeda atau 75-95 kilometer. Hal tersebut dilakukan agar tubuh terbiasa saat bersepeda jarak jauh.

(tim/agn)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER