Benarkah Menikah Saat Pandemi Jadi Lebih Hemat?

tim, CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 20:22 WIB
Gara-gara covid-19, tren pesta pernikahan ikut berubah. Intimate wedding pun jadi tren. Tapi benarkah jadi lebih hemat dan bagaimana trennya? (StockSnap/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Deasy, seorang karyawan swasta, tidak mau terlalu pusing mempersiapkan pernikahannya Oktober 2021 mendatang. Ia dan sang calon suami menyewa perencana pernikahan (wedding planner) agar upaya persiapan pernikahan lebih ringan dan matang.

Akan tetapi ia mesti pasrah sebab nanti tidak semua kawan dekatnya bisa hadir dalam pemberkatan pernikahan. Seandainya bukan situasi pandemi, Deasy membayangkan kursi gereja tidak terlalu banyak yang kosong.

"Gimana ya, enggak bisa undang banyak-banyak di gereja, kuotanya terbatas. Kalau buat resepsi masih [memungkinkan]," keluh Deasy saat berbincang dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.


Deasy bukan satu-satunya calon pengantin yang harus mengubah rencana dan jumlah tamu dalam daftar undangannya.Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak

setahun lalu, membuat pesta pernikahan yang biasanya ramai tamu -termasuk tamu-tamu dari orang tua kedua belah pihak- kini harus berubah menjadi pesta pernikahan yang lebih intim dengan jumlah tamu yang lebih sedikit dan biasanya orang terdekat.

Senior Head of Wedding Business Bridestory, Gisela Setyawan mengakui pandemi memang mengubah banyak hal termasuk persiapan pernikahan. Konsep pernikahan intim atau intimate wedding yang tadinya jarang dilirik kini jadi solusi gelaran pernikahan di tengah merebaknya corona.

Dia berkata intimate wedding khas situasi pandemi akan menyesuaikan protokol pemerintah. Untuk saat ini, gelaran akad atau pemberkatan maksimal jumlah tamu dan panitia sebanyak 30 orang, sedangkan maksimal jumlah tamu selama resepsi sebanyak 100 orang.

"Orang Indonesia kecenderungannya mengundang sebanyak-banyaknya saudara, teman. Di tengah pandemi saat ini, semua pernikahan yang kami bantu tangani adalah intimate wedding. Ke depan kami melihat intimate wedding masih berlangsung selama ada pandemi," ujar Gisela dalam temu media virtual beberapa waktu lalu. 

Benarkah Lebih Hemat?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK