5 Alasan di Balik Orang Sulit Berbagi Tempat Tidur

tim, CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 20:50 WIB
Tidak peduli seberapa besar mencintai pasangan Anda, tapi berbagi tempat tidur dengan orang lain bisa menjadi perjuangan yang nyata. Mengapa? Tidak peduli seberapa besar mencintai pasangan Anda, tapi berbagi tempat tidur dengan orang lain bisa menjadi perjuangan yang nyata. Mengapa? (iStockphoto/EmirMemedovski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak peduli seberapa besar mencintai pasangan Anda, tidak peduli seberapa cocok Anda tampaknya, tapi berbagi tempat tidur dengan orang lain bisa menjadi perjuangan yang nyata.

Masalah yang tampaknya sepele ini bisa menghilangkan romansa setelah beberapa malam bersama, Anda berdua sangat kurang tidur dan tidak bisa berpikir jernih.

Mencari alasan Anda tidak bisa tertidur jika ada seseorang di tempat tidur Anda adalah suatu keharusan ingin menghindari perselisihan.


"Jika Anda biasa tidur di tempat tidur Anda sendiri sepanjang hidup, tidur dengan orang lain di tempat tidur yang sama adalah pengelakan besar dari apa yang biasa Anda lakukan, jadi tubuh Anda secara alami ingin melawannya," kata Bill Fish, seorang ilmuwan tidur bersertifikat, seperti dikutip Bustle.

"Sekarang, apakah itu mendengkur, membolak-balik, atau menyentuh tubuh Anda secara fisik, perlu membiasakan diri."

Tentu, pasangan Anda mungkin mengganggu tidur Anda, tetapi para ahli mengatakan itu tidak berarti harus menghancurkan hubungan Anda.

"Berbagi tempat tidur akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, tetapi begitu Anda terbiasa dengan pengalaman itu, itu akan mulai menjadi lebih mudah," papar Fish.

Cobalah untuk berkompromi pada suhu kamar, waktu tidur, dan penggunaan elektronik - pada akhirnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda berdua bisa mendapatkan delapan jam penuh dan bangun dengan perasaan istirahat dan segar.

Apa yang membuatnya begitu sulit untuk berbagi tempat tidur dengan orang lain? Berikut alasan ilmiah mengapa Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di sebelah seseorang, menurut para ahli tidur.

1. Suhu tubuh mereka mengganggu

Tubuh itu panas - dan bagi sebagian orang, itu bisa menjadi masalah nyata.

"Banyak orang memiliki kebutuhan khusus untuk tidur lebih sejuk daripada yang lain," psikolog klinis dan dokter tidur Michael Breus.

"Secara umum, kita tahu bahwa lingkungan yang lebih dingin akan lebih baik untuk jatuh dan tertidur. Memiliki seseorang yang suhu tubuhnya 37 derajat di sebelah Anda, atau lebih buruk lagi, menyentuh Anda, akan menyebabkan gangguan potensial."

2. Mereka sulit tidur

Anda mungkin dengan mudahnya tertidur pulas, tetapi jika pasangan Anda cenderung insomnia, kesulitan mereka untuk tidur bisa menular.

"Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ketika pasangan berbagi tempat tidur, mereka cenderung memiliki pola tidur yang sama," kata Martin Reed, pakar kesehatan tidur klinis bersertifikat.

Jadi, jika pasangan Anda kesulitan tidur, kemungkinan besar Anda juga akan kesulitan tidur.

Dengan kata lain, kecemasan Anda tentang tidur di sebelah seseorang mungkin berasal dari kecemasan mereka tentang tidur secara umum.

Simak alasan di balik orang sulit berbagi tempat tidur di halaman berikutnya. 

Suara asing hingga ponsel yang mengganggu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK