Renovasi Serba Mewah di Mal Bersejarah Paris

CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 10:50 WIB
Tak hanya toko fesyen bergengsi, mal ini kini juga dihuni oleh hotel mewah dan restoran berbintang Michelin. Samaritaine, pusat perbelanjaan bersejarah yang telah direnovasi lebih mewah. (REUTERS/GONZALO FUENTES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warga Paris mulai Rabu (23/6) bisa jalan-jalan lagi di lorong berlapis emas di pusat perbelanjaan Samaritaine, yang telah 16 tahun direnovasi untuk mengembalikan keindahan arsitektur Art Deco dan Art Nouveau-nya.

Konglomerat fesyen, LVMH, menutup tempat belanja berusia 151 tahun yang menghadap ke Sungai Seine itu pada tahun 2005, ketika pejabat berwenang menemukan sejumlah kekhawatiran atas keselamatan bangunan, termasuk soal ruwetnya sistem kabel yang sudah kuno.

Dulunya merupakan tempat perbelanjaan utama yang menyambungkan ibu kota antara Louvre dan Notre-Dame, seiring perkembangan zaman Samaritaine seakan kehilangan pelanggannya.


Padahal tempat belanja ini punya motto: "Anda dapat menemukan segalanya di La Samaritaine."

"Tempat ini sempat sekarat," kata kepala toko Jean-Jacques Guiony kepada wartawan pada hari Senin (21/6), ketika Presiden Emmanuel Macron berkunjung untuk peresmian situs bersejarah yang telah dipulihkan.

Macron, yang melakukan tur bersama Bernard Arnault, kepala LVMH dan salah satu orang terkaya di dunia, menyebut bangunan ini sebagai "warisan budaya Prancis yang menakjubkan."

Untuk perombakan, LVMH mengecilkan luas lantai di gedung utama hingga sepertiga, mirip Le Bon Marche, pusat perbelanjaan milik LVMH lainnya di Paris.

Toko-toko yang menjual peralatan berburu, peralatan rumah tangga dan mainan sudah tidak ada lagi, meskipun tanda-tanda kehadirannya masih terpajang di fasad yang telah direnovasi.

Sebagai gantinya, toko-toko mewah dibuka. Ada lantai yang khusus menjual jam tangan, ada lantai yang khusus menjual peralatan kecantikan.

Restoran, bar, dan tempat makan lain, seperti Street Caviar by Prunier, berada di setiap lantai, sementara hotel Cheval Blanc yang dibuka pada bulan September mendatang akan menawarkan pemandangan langsung ke Sungai Seine dan restoran dengan Arnaud Donckele berbintang Michelin sebagai jagoannya.

Tarif kamar yang ditawarkan mulai dari 1.150 euro (sekitar Rp12,4 juta) semalam, berupa penthouse dua lantai dengan kolam renang, spa, bioskop dan lift pribadi.

"Anda mungkin tidak lagi menemukan segalanya di La Samaritaine, tetapi Anda akan menemukan segala tentang Paris di La Samaritaine," kata Eleonore de Boysson, direktur Eropa di cabang ritel DFS LVMH.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

Renovasi Serba Mewah di Mal Bersejarah Paris

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK