5 Rekomendasi Wisata ke Stadion Bola Legendaris di Italia

CNN Indonesia | Senin, 12/07/2021 17:50 WIB
Sepak bola memang menjadi olahraga kebanggaan penduduk Italia, terbukti dengan banyaknya jumlah stadion di sana. Juventus Stadium di Turin, Italia. (AFP/ANDREAS SOLARO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberhasilan Italia menghajar Inggris dalam pertandingan sepak bola final Euro 2020 (Euro 2021) didukung oleh kemahiran teknik dan keberuntungan para pemainnya.

Sepak bola memang menjadi olahraga kebanggaan penduduk Italia, terbukti dengan banyaknya jumlah stadion di sini: 64.

Stadion-stadion di Italia juga tak sedikit yang berarsitektur mewah. Tiga stadion terbesar di sini ialah; San Siro, Stadio Olimpico dan Stadio San Paolo.


Berikut enam stadion di Italia yang wajib dikunjungi oleh wisatawan penggemar sepak bola:

1. Juventus Stadium - Turin

Klub sepak bola Juventus bermarkas di sini. Dibuka pada tahun 2011, Juventus Stadium yang berganti nama menjadi Allianz Stadium pada tahun 2017 sebagai sponsornya, berkapasitas 41.507 kursi.

Di luar stadion, terdapat juga J-Museum dan J-Medical.

J-Museum berupa museum mengenai sejarah klub sepak bola Juventus dan J-Medical ialah klinik kesehatan yang didedikasikan oleh klub sepak bola ini untuk masyarakat lokalnya.

Tersedia juga tur stadion di sini. Informasi lebih lanjut bisa diketahui melalui link ini

2. San Siro Stadium - Milan

Milan, Italy - January 25, 2014 : The exterior of San Siro Stadium. It is the home stadium of both A.C. Milan and F.C. Internazionale Milano. This stadium has capacity of 81,277 seats.San Siro Stadium. (istockphoto/BanarTABS)

Bernama asli Giuseppe Meazza Stadium, stadion yang dibuka pada tahun 1926 ini merupakan yang terbesar di Italia.

Dengan 80.018 kursinya, San Siro Stadium mengambil namanya dari kawasan tempatnya dibangun.

Stadion ini menjadi kandang klub sepak bola AC Milan dan Internazionale (Inter Milan), raksasa sepak bola dunia yang mengoleksi banyak trofi kemenangannya.

Stadion ini telah menjadi tuan rumah tiga pertandingan di Piala Dunia 1934, enam pertandingan di Piala Dunia 1990, tiga pertandingan di Euro 1980, dan empat final Piala Eropa, pada tahun 1965, 1970, 2001 dan 2016.

Selain sepak bola, San Siro Stadium juga menjadi lokasi konser musik. Musisi dunia yang pernah tampil di sini antara lain; Bob Marley & The Wailers pada tahun 1980, David Bowie pada tahun 1987, Michael Jackson pada tahun 1997, The Rolling Stones pada tahun 2006, hingga Beyonce dan Jay Z pada tahun 2018.

Tersedia juga tur stadion di sini. Informasi lebih lanjut bisa diketahui melalui link ini

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

5 Rekomendasi Wisata ke Stadion Bola Legendaris di Italia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK