5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 11:17 WIB
Kolesterol tinggi menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami. Kolesterol tinggi menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami. ( iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kolesterol tinggi menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Sebenarnya kolesterol sendiri dalam batas normal memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh.

Beberapa di antaranya membantu menjaga dinding sel tubuh tetap fleksibel. Selain itu kolesterol juga diperlukan untuk membuat beberapa hormon tubuh.


Kolesterol sendiri terbagi dalam LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). Kadar lipoprotein densitas rendah (LDL) yang tinggi mengakibatkan timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah, yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Sebaliknya, high-density lipoprotein (HDL) membantu membawa kolesterol menjauh dari dinding pembuluh darah dan membantu mencegah penyakit ini.

Mengutip Healthline berikut cara menurunkan kolesterol secara alami :

1. Diet lemak tak jenuh tunggal
diet tinggi lemak tak jenuh tunggal mengurangi LDL berbahaya, tetapi juga melindungi tingkat HDL sehat yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, lemak tak jenuh tunggal itu sehat karena menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya, meningkatkan kolesterol HDL yang baik, dan mengurangi oksidasi yang berbahaya.

Beberapa sumber lemak tak jenuh tunggal antara lain minyak zaitun, minyak canola, almond, kacang mete, dan alpukat.

2. Hindari lemak trans
Lemak trans meningkatkan kolesterol total dan LDL, tetapi menurunkan HDL yang bermanfaat sebanyak 20%

Sebuah studi tentang pola kesehatan global memperkirakan lemak trans mungkin bertanggung jawab atas 8% kematian akibat penyakit jantung di seluruh dunia. Studi lain memperkirakan undang-undang yang membatasi lemak trans di New York akan mengurangi kematian akibat penyakit jantung sebesar 4,5%

3. Tambah serat
Dalam sebuah penelitian terhadap 30 orang dewasa, mengonsumsi 3 gram suplemen serat larut setiap hari selama 12 minggu menurunkan LDL sebesar 18%.

Serat larut juga dapat membantu meningkatkan manfaat kolesterol dari minum obat statin.

4. Olahraga
Olahraga adalah booster baik untuk kesehatan jantung dan cara menurunkan kolesterol secara alami.

Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga mengurangi LDL yang berbahaya dan meningkatkan HDL yang bermanfaat.

Dalam sebuah penelitian, dua belas minggu latihan aerobik dan ketahanan gabungan mengurangi LDL teroksidasi yang sangat berbahaya pada 20 wanita yang kelebihan berat badan.

Mengutip Medical News Today, hasil studi 2019 yang melibatkan 425 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa aktivitas fisik sedang dan kuat menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar gula darah, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

The Department of Health and Human Services merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150-300 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang atau 75-150 menit seminggu untuk manfaat kesehatan yang substansial. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan antara lain berjalan, jogging, bersepeda, atau melakukan latihan ketahanan dengan beban ringan.

NO SMOKING Road Sign - Sky Background - 3D RenderingFoto: Istockphoto/porcorex
merokok menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami.

5. Berhenti merokok

Merokok bisa mengganggu sistem kerja tubuh menangani kolesterol. Sel-sel kekebalan pada perokok tidak dapat mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh darah ke darah untuk diangkut ke hati. Kerusakan ini terkait dengan tar tembakau, bukan nikotin. Sel-sel kekebalan yang disfungsional ini dapat berkontribusi pada perkembangan arteri yang tersumbat lebih cepat pada perokok. Merokok juga menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda lakukan. 

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK