Danau di Patagonia Mendadak Berubah Warna Jadi Pink

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 15:05 WIB
Danau di Patagonia, Argentina, mendadak berubah warna menjadi pink. Danau di Patagonia, Argentina, berubah warna menjadi pink. (AFP/DANIEL FELDMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah danau di wilayah selatan Patagonia, Argentina, telah berubah warna menjadi pink, dan para ahli serta aktivis lingkungan menyalahkan polusi dari limbah bahan kimia yang digunakan dalam proses pengawetan udang untuk ekspor sebuah pabrik.

Warna merah muda mencolok tersebut disebabkan oleh natrium sulfit, produk antibakteri yang digunakan di pabrik ikan, yang limbahnya diduga mencemari sungai Chubut yang mengalir ke danau Corfo dan sumber air lainnya di wilayah tersebut, menurut para aktivis.

Warga telah lama mengeluhkan bau busuk dan masalah lingkungan lainnya di sekitar sungai dan danau.


"Mereka yang seharusnya memegang kendali adalah mereka yang memberi wewenang untuk meracuni orang," kata aktivis lingkungan Pablo Lada kepada AFP, menyalahkan pemerintah atas kekacauan itu.

Danau berubah menjadi pink sejak minggu lalu dan mulai berwarna pekat pada hari Minggu (25/7), kata Lada, yang tinggal di kota Trelew, tidak jauh dari danau dan sekitar 1.400 kilometer selatan Buenos Aires.

Insinyur lingkungan dan ahli virologi Federico Restrepo mengatakan kepada AFP bahwa pewarnaan itu disebabkan oleh natrium sulfit dalam limbah ikan, yang secara hukum harus diolah sebelum dibuang.

Danau menerima limpasan dari kawasan industri di kota Trelew dan telah berubah warna menjadi keunguan sebelumnya.

Saat ini warga sekitar danau sudah sangat muak.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

 

[Gambas:Video CNN]



Danau di Patagonia Mendadak Berubah Warna Jadi Pink

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK