7 Makanan Mengandung Serotonin, Bisa Bikin Bahagia

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Jul 2021 10:18 WIB
Serotonin adalah hormon yang berperan penting dalam suasana hati. Berikut makanan mengandung serotonin yang bisa bikin bahagia. Serotonin adalah hormon yang berperan penting dalam suasana hati. Berikut makanan mengandung serotonin yang bisa bikin bahagia.(Foto: iStockphoto/Anusak Rojpeetipongsakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serotonin adalah hormon yang berperan penting dalam suasana hati. Hormon ini mampu membuat tubuh merasa lebih tenang dan bahagia.

Produksi serotonin di dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi sejumlah makanan. Sejumlah studi menunjukkan makan makanan mengandung serotonin dapat membuat seseorang merasa bahagia.

Serotonin disintesis tubuh dari makanan yang mengandung asam amino triptofan. Berikut makanan yang mengandung serotonin.


1. Telur

Fried Egg over Brown Rice with Soy Sauce and Sesame Seeds.Telur adalah makanan mengandung serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati. (Foto: iStockphoto/4kodiak)

Studi menunjukkan telur dapat meningkatkan kadar triptofan plasma darah. Kandungan triptofan ini banyak terdapat dalam kuning telur. Oleh karena itu, konsumsi telur dapat meningkatkan serotonin dan membuat suasana hati membaik.

2. Nanas

Buah nanas segar merupakan buah yang mengandung serotonin. Anda bisa memasukkan buah nanas dalam konsumsi harian agar emosi tetap terjaga.

3. Keju

Keju juga merupakan sumber terbaik untuk triptofan. Konsumsi keju akan membuat tubuh meningkatkan produksi serotonin sehingga suasana hati makin baik.

4. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam adalah sumber triptofan. Selain itu bayam juga kaya akan zat besi yang baik untuk produksi sel darah merah.

5. Tahu dan tempe

Makanan yang berasal dari kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai mengandung triptofan yang tinggi sehingga dapat memacu produksi serotonin.

6. Sarden

Canned fish in tomato sauce on plateIkan berlemak seperti sarden adalah makanan mengandung serotonin.(Foto: iStockphoto/Amarita)

Asam berlemak seperti sarden dan salmon juga merupakan sumber serotonin. Studi menunjukkan konsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu cukup untuk memenuhi kebutuhan triptofan tubuh.

7. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung triptofan. Selain meningkatkan suasana hati, studi menunjukkan makan kacang-kacangan juga menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Itulah 7 makanan yang mengandung serotonin. Makanan ini mengandung triptofan yang dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER