Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Menurut Jenisnya

tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 18:30 WIB
Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak menyenangkan. Berikut tanda-tanda kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak menyenangkan. Berikut tanda-tanda kekurangan vitamin. (iStock/carlosgaw)

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu faktor pendukung dan peningkat imunitas tubuh. Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, punya banyak khasiat untuk tubuh, seperti antioksidan, mencegah peradangan, stres, bahkan anti bakteri.

Tanda-tanda kekurangan vitamin C di antaranya:

- kulit kering
- luka sulit sembuh
- gusi mudah berdarah dan gigi goyang
- kuku sendok
- nyeri sendi


4. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin larut lemak yang sangat penting untuk tubuh manusia. Bentuk vitamin D yang paling banyak di dalam tubuh, yaitu vitamin D3 (kolekalsiferol) dan vitamin D2 (ergokalsiferol).

Vitamin D3 dapat dihasilkan pada lapisan kulit tubuh sebagai respons terhadap paparan sinar matahari, dan melalui asupan makanan seperti ikan salmon, sarden, dan makarel. Sementara, vitamin D2 dapat diperoleh dari sayuran, ragi, dan jamur. Kebutuhan harian vitamin D yakni sekitar 400-800 IU sehari.

Tanpa vitamin D, hanya ada 10-15 persen yang terserap dari kalsium yang dikonsumsi. Bila jumlah kalsium yang diserap tidak mencukupi maka tubuh pun akan mengambil kalsium yang ada di dalam tulang dan dapat menyebabkan kehilangan massa tulang hingga meningkatkan risiko osteoporosis.

Berikut tanda-tanda kekurangan vitamin D di antaranya:

- otot kram
- nyeri tulang
- imunitas menurun
- cepat lelah

5. Vitamin E

Foods rich in vitamin E. Healthy diet eating conceptBerikut tanda-tanda kekurangan vitamin E. (iStockphoto/bit245)

Vitamin E merupakan kelompok zat antioksidan yang disebut lebih kuat dari vitamin lainnya. Antioksidan pada vitamin E diyakini mampu melindungi sel-sel tubuh dari proses oksidasi atau kerusakan.

Kebutuhan asupan vitamin E yang cukup sangat penting bagi sistem metabolisme tubuh untuk dapat bekerja secara normal. Merujuk The Office of Dietary Supplements (ODS) National Institutes of Health sama seperti vitamin C, di dalam tubuh vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu sel-sel tubuh terlindung dari kerusakan akibat radikal bebas.



Tanda-tanda kekurangan vitamin E di antaranya:

- lemah otot
- gangguan saraf
- anemia

6. Vitamin K

vitamin KBerikut tanda-tanda kekurangan vitamin K. (iStockphoto)

Vitamin K sendiri berperan penting dalam koagulasi, atau yang lebih dikenal sebagai pembekuan darah. Koagulasi merupakan proses yang membantu mencegah pendarahan berlebihan, baik di dalam maupun di luar tubuh.

Tanda-tanda kekurangan vitamin K di antaranya:

- mudah memar
- perdarahan kulit
- perdarahan

(agn/agn)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK