A TO Z

Vitamin K: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 17:30 WIB
Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Apa itu vitamin K? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Ilustrasi. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh memerlukan asupan vitamin. Salah satunya adalah vitamin K.

Vitamin punya peran penting untuk keseluruhan kerja organ tubuh. Vitamin membantu organ tubuh dan segala proses di dalamnya berjalan optimal.

Ada banyak vitamin yang tersedia. Masing-masing vitamin memberikan fungsinya yang saling berbeda satu sama lain.


Vitamin K sendiri berperan penting dalam koagulasi, atau yang lebih dikenal sebagai pembekuan darah. Koagulasi merupakan proses yang membantu mencegah pendarahan berlebihan, baik di dalam maupun di luar tubuh.

Apa Itu Vitamin K?

Vitamin K sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini berperan dalam pembekuan darah, metabolisme tulang, dan mengatur kadar kalsium dalam darah.

Mengutip Medical News Today, tubuh membutuhkan vitamin K untuk memproduksi protrombin, protein yang berperan penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Namun, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin K tambahan tanpa resep dokter.

Ada dua jenis utama vitamin K. Vitamin K1 (phylloquinone) dan vitamin K2 (menaquinone). Keduanya memiliki fungsi yang sama.



Apa Fungsi Vitamin K di dalam Tubuh?

Smiling woman holds vitamin up to mouthIlustrasi. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh. (istockphoto/Courtney Hale)

Phylloquinone (K1) ditemukan pada tanaman, khususnya sayuran berwarna hijau seperti bayam. Sementara menaquinone (K2) secara alami diproduksi di dalam tubuh.

Saat phylloquinone dikonsumsi, bakteri di usus besar akan mengubahnya menjadi bentuk penyimpanannya, yakni menaquinone. Menaquinone diserap di usus kecil dan disimpan di jaringan lemak dan hati.

Tanpa vitamin K, tubuh tidak dapat memproduksi protrombin. Nama terakhir merupakan faktor pembekuan yang diperlukan untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Apa Saja Manfaat Vitamin K?

ilustrasi patah tulangIlustrasi. Para ilmuwan percaya bahwa salah satu manfaat vitamin K adalah menjaga tulang tetap sehat. (iStockphoto/TommL)

Vitamin K memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Berikut di antaranya, menyitat Medical News Today.

1. Kesehatan tulang

Peneliti menemukan adanya hubungan antara rendahnya asupan vitamin K dengan kasus osteoporosis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K mendukung pemeliharaan tulang yang kuat, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko patah tulang.

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Meningkatnya kadar vitamin K dalam darah memicu peningkatan fungsi memori pada orang lanjut usia (lansia).

Tak heran jika beberapa orang percaya bahwa meningkatnya fungsi kognitif menjadi salah satu manfaat vitamin K.

Dalam sebuah penelitian, individu sehat usia lebih dari 70 tahun dengan kadar vitamin K1 dalam darah yang tinggi ditemukan memiliki kinerja memori terbaik.

3. Kesehatan jantung

Vitamin K dapat membantu menjaga tekanan darah dan mencegah terjadinya mineralisasi. Nama terakhir merupakan kondisi saat mineral menumpuk di pembuluh darah. Kondisi ini bisa membuat jantung memompa darah dengan bebas ke seluruh tubuh.

Mineralisasi juga terjadi seiring bertambahnya usia, dan menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung di usia lanjut.

Simak penjelasan selengkapnya mengenai vitamin K di halaman berikutnya...

Dosis Harian dan Makanan yang Mengandung Vitamin K

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK