10 Tips Diet yang Benar, Kunci Berhasil Turunkan Berat Badan

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 24 Aug 2021 09:10 WIB
Menjalani program diet memang gampang-gampang susah. Ada beberapa tips diet berhasil yang paling penting, berikut ini. Ilustrasi. Ada beberapa tips diet yang yang menjadi kunci berhasilnya penurunan berat badan. (iStockphoto/spukkato)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menjalani program diet untuk turunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar diet berhasil.

Diet pada dasarnya merupakan perencanaan pola makan harian. Banyak orang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan yang bisa membawa banyak manfaat kesehatan secara menyeluruh.

Sebagaimana telah diketahui, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis.


Banyak program diet yang ditawarkan. Mulai dari diet yang moderat hingga ekstrem. Namun, tak ada satu pun yang dapat menjamin keberhasilan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan yang sehat seyogianya didapat melalui proses yang lama dan berkelanjutan. Penurunan berat badan dengan cepat hanya akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

ilustrasi diet rendah karbohidratIlustrasi. Berbagai tips program diet yang tersedia tak selalu berhasil menurunkan berat badan. (iStockphoto/OlgaMiltsova)

Meski banyak program diet yang bisa Anda coba, gaya hidup seimbang, pola makan bergizi, dan pikiran positif tetap menjadi kunci utama penurunan berat badan.

Berikut beberapa tips diet berhasil yang perlu Anda ketahui, mengutip berbagai sumber.

1. Tujuan realistis, fokus pada kesehatan

Banyak orang menjalani program diet demi menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, tujuan itu kebanyakan membuat program diet justru tak berhasil.

Ahli diet Ann Kulze menyarankan Anda untuk menetapkan tujuan yang realistis, bahkan sebelum memulai program diet.

"Jika Anda menetapkan tujuan yang sulit, seperti kehilangan belasan hingga puluhan kilogram dalam waktu singkat, maka yang Anda dapatkan hanya-lah kegagalan," ujar Ann, mengutip WebMD.

Sebaliknya, program diet akan lebih berhasil jika Anda fokus pada kesehatan dan menciptakan strategi yang masuk akal.

2. Lakukan perlahan

Fresh vegetable salad and healthy food for sport equipment for women diet slimming with measure tap for weight loss on wood background. Healthy Sport ConceptIlustrasi. Namun, ada beberapa tips diet utama yang umumnya berhasil menurunkan berat badan. (iStockphoto/Wand_Prapan)

Keberhasilan diet memerlukan perubahan gaya hidup yang konsisten dan membutuhkan waktu lama.

"Anda memiliki peluang [menurunkan berat badan] lebih besar jika Anda menurunkannya secara perlahan," ujar Ann. Dia juga menyebut, diet ekstrem yang membuat banyak orang kelaparan justru memiliki tingkat kegagalan yang tinggi.

3. Konsumsi makanan yang bervariasi dan padat nutrisi

Makanan yang sehat adalah kunci. Mengutip Medical News Today, cara sederhana untuk membuat perencanaan makanan adalah dengan membaginya ke dalam 50 persen buah dan sayuran, 25 persen biji-bijian, dan 25 persen protein. Lengkapi dengan asupan serat total 25-30 gram per hari.

Jangan lupa juga untuk menghilangkan lemak trans dari makanan dan batasi asupan lemak jenuh. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi asupan asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih sehat.

4. Pangkas asupan kalori cair

Minuman berkalori seperti minuman bersoda dan berpemanis memang sangat menggoda. Namun, Anda perlu memangkas asupan kalori dalam bentuk cair ini.

Kalori cair dikenal sebagai 'kalori kosong' karena memberikan kandungan energi ekstra tanpa menawarkan manfaat nutrisi apa pun.

5. Makan dengan mindful

Two beautiful Asian women are sitting and eating new normal lifestyle couple friend use plastic spoon and fork eat foodIlustrasi. Salah satu tips diet berhasil adalah membiasakan diri makan dengan mindful. (iStockphoto/Anusak Rojpeetipongsakorn)

Banyak orang mendapatkan manfaat dari kebiasaan mindful eating atau makan dengan penuh perhatian. Konsep makan ini melibatkan kesadaran penuh dalam diri tentang mengapa, bagaimana, kapan, di mana, dan apa yang Anda makan.

Orang yang memiliki kebiasaan mindful eating juga biasanya makan dengan lebih lambat dan menikmati setiap apa yang masuk ke dalam mulut, berkonsentrasi pada rasa. Makan setidaknya dalam waktu 20 menit, agar tubuh dapat merasa kenyang lebih lama.

Simak tips diet berhasil lainnya di halaman berikutnya...

10 Tips Diet yang Benar, Kunci Berhasil Turunkan Berat Badan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER