7 Tanda Anda Perlu Ambil Cuti dari Kantor

tim | CNN Indonesia
Senin, 23 Aug 2021 12:20 WIB
Pandemi meningkatkan stres pada pekerja. Cuti bisa jadi solusi untuk mengatasi hal itu.  Berikut 7 tanda Anda perlu ambil cuti dari kantor. pandemi mempengaruhi kesehatan mental pekerja seperti meningkatkan stres, burnout, kecemasan, bahkan depresi. Cuti bisa jadi solusi untuk mengatasi hal-hal tersebut.(Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 membuat para pekerja berpikir dua kali untuk ambil cuti. Pasalnya, cuti yang identik dengan pergi berlibur kini tak bisa dilakukan karena virus corona.

Namun, cuti tak melulu menyoal realisasi rencana bepergian. Cuti bisa dilakukan untuk rehat sejenak dari pekerjaan kantor seperti me time di rumah, melakukan hobi, atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Psikolog klinis Desi Wulansari menuturkan kondisi pandemi mempengaruhi kesehatan mental pekerja seperti meningkatkan stres, burnout, kecemasan, bahkan depresi. Cuti bisa jadi solusi untuk mengatasi hal-hal tersebut.


"Pandemi ini jadi stressor. Ada ketakutan, ketidakpastian kapan kondisi normal, juga penyesuaian dengan kondisi baru. Enggak cuma penyakit, tapi juga banyak konsekuensi gangguan psikologis yang muncul," kata Desi dalam gelaran CNN Health, Jumat (20/8).

Berikut tanda perlu ambil cuti dari kantor:

1. Performa kerja menurun

Menurut Desi, tanda yang jelas terlihat adalah yang berkaitan dengan performa kerja. Anda perlu cuti saat segala sesuatu berkaitan dengan performa kerja menurun. Misalnya, tidak bisa memenuhi deadline padahal biasanya pekerjaan selesai tepat waktu, hasil kerja kurang maksimal, kesulitan bekerja sama dengan rekan kerja.

"Kita harus tahu, ada yang 180 derajat berbeda dengan situasi biasanya. Ada perubahan pola kerja yang cukup drastis. Kemudian secara sosial jadi enggak nyaman pas kerja dengan yang lain," kata Desi yang saat ini bertugas di Wisma Atlet menangani pasien Covid-19.

2. Susah tidur

Masalah tidur atau bangun dalam kondisi cemas soal pekerjaan merupakan salah satu tanda stres. Saat kualitas dan kuantitas tidur menurun, aktivitas bekerja dan di rumah pun bisa terbengkalai.

Sebaiknya ambil jeda dengan istirahat atau mengambil cuti. Perbaiki pola tidur agar kesehatan fisik maupun mental membaik.

3. Mudah marah dan menarik diri

Stres juga ditandai dengan menjadi lebih reaktif atau mudah marah dari biasanya. Jika emosi mulai tak terkendali, ini saatnya untuk ambil cuti dan menenangkan diri.

"Jika seseorang merasa kewalahan atau terbebani, mereka cenderung lebih mudah marah. Jika mereka meledak, mereka mulai mengisolasi diri mereka sendiri dan tidak terhubung seperti biasanya," kata terapis JF Benoist dikutip dari dari Eat This.

Simak 7 tanda Anda perlu ambil cuti dari kantor di halaman berikut.

7 Tanda Anda Perlu Ambil Cuti dari Kantor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER