Cara Agar Tidur dengan Pasangan Tetap Nyenyak dan Berkualitas

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 18/09/2021 20:20 WIB
Tidur sekasur memang membuat Anda merasa aman dan dekat dengan si dia. Namun di sisi lain, ini juga sebuah perjuangan adaptasi saat punya kebiasaan berbeda. Tidur sekasur memang membuat Anda merasa aman dan dekat dengan si dia. Namun di sisi lain, ini juga sebuah perjuangan adaptasi saat punya kebiasaan berbeda. ( iStock/Punnarong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konsep pernikahan tak hanya soal berbagi ruang dalam hidup tetapi juga sesederhana berbagi kasur. Di satu sisi, tidur sekasur memang membuat Anda merasa aman dan dekat dengan si dia. Namun di sisi lain, ini juga sebuah perjuangan adaptasi saat punya kebiasaan berbeda.

"Tidur sangat penting untuk kesejahteraan kita, terutama untuk memperpanjang umur. Karena kita menghabiskan begitu banyak waktu kita untuk tidur dan bersama, penting untuk merencanakan ke depan dengan pasangan Anda. Tidur di malam hari dengan pasangan Anda harus menjadi sesuatu yang Anda berdua nantikan, bukan ditakutkan," jelas Mayank Shukla, ahli paru dan dokter kesehatan tidur di New York City, mengutip dari Good Housekeeping.

Berikut tips-tips agar tidur dengan pasangan tetap bisa nyenyak dan berkualitas.

1. Mengutamakan kebersihan tidur


Mau tidur sendiri atau berdua, kamar harus dalam kondisi gelap, sejuk dan sesenyap mungkin. Tetapkan jam tidur reguler termasuk di akhir pekan. Hindari kafein, nikotin, alkohol atau makan berat 3-4 jam jelang tidur. Kemudian tutup semua gawai.

"Beberapa orang tidak bisa tidur karena mereka tidak bisa mengistirahatkan otak mereka. Daripada bekerja dengan komputer, lakukan sesuatu yang membuat rileks sebelum tidur," kata Lynn J. Goodloe, direktur media Pacific Rejuvenation Medical di West Hills, California, mengutip dari WebMD.

2. Atasi mengorok

Mengorok bukan lagi persoalan mengganggu kenyamanan tidur tetapi juga masalah kesehatan serius. Janet Kennedy, psikolog klinis, menyebut ini bisa jadi tanda apnea tidur atau alergi. Perlu ada langkah nyata untuk mengatasinya.

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan semisal, bantal khusus, penutup mulut atau breathing strips untuk menjaga jalur napas tetap terbuka.

"Menggunakan humidifier dan semprotan tenggorokan (saline nasal spray) juga membantu," imbuh Kennedy.

Kasur yang Tepat dan Dua Selimut

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK