Keindahan 'Desa Sagu' di Tengah Danau Sentani Papua

CNN Indonesia | Rabu, 22/09/2021 11:03 WIB
Kampung Yoboi ialah Kampung Yoboi ialah "Desa Sagu" di tengah Danau Sentani, karena terdapat 20 jenis sagu di hutannya. (Arsip foto Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya desa yang berada di Pulau Jawa dan Bali, nama desa di Jayapura, Papua, juga masuk ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Kampung Yoboi merupakan desa wisata dengan daya tarik yang lengkap mulai dari keindahan alam, seni budaya, hingga wisata edukasi.

Ragam potensi itu membuat desa wisata yang berada di tengah-tengah Danau Sentani ini dinobatkan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di ADWI 2021.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung Desa Wisata Kampung Yoboi, Selasa (21/9), melihat langsung ragam daya tarik yang ada di Kampung Yoboi.

"Desa Wisata Kampung Yoboi merupakan desa wisata yang mengedepankan kearifan lokal sebagai daya tarik. Dengan strategi promosi yang tepat dan wisatawan nusantara sebagai sasaran utama saat ini, maka Kampung Yoboi dan desa wisata lainnya di Jayapura akan menjadi tujuan utama wisatawan," kata Sandiaga, seperti yang dikutip dari keterangan resminya.

Untuk menuju Kampung Yoboi, wisatawan harus menyeberangi Danau Sentani dari Dermaga Khalkote. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk tiba di Kampung Yoboi.

Selama perjalanan, wisatawan disuguhi dengan perbukitan hijau yang membingkai Danau Sentani dan langit yang cerah.

Kampung Yoboi juga dikenal akan keberadaan pepohonan sagu yang berada di hutan seluas 1.600 hektare.

Di hutan ini terdapat lebih dari 20 jenis sagu, kawasan dengan tanaman sagu terbanyak di seluruh Indonesia.

Wisatawan juga berkesempatan trekking di jalur pepohonan sagu sepanjang 420 meter.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...



Keindahan 'Desa Sagu' di Tengah Danau Sentani Papua

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK