10 Cara Kurangi Sampah Makanan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/10/2021 21:00 WIB
Berikut cara mengurangi limbah makanan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut cara mengurangi limbah makanan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Jeshoots)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seringkali Anda menyisakan banyak makanan, baik itu yang dimasak sendiri atau ketika membeli layanan pesan antar bahkan mungkin saat makan di restoran. Meskipun makanan yang dibuang jumlahnya tampak sedikit, tapi jika dilakukan terus menerus tetap akan merusak lingkungan.

Institut Sumber Daya Dunia seperti dilansir dari Medical News Today mencatat, limbah makanan yang dikurangi hingga setengahnya bermanfaat bagi lingkungan. Mengurangi sisa makanan bisa mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 1,5 gigaton atau setara karbondioksoda per tahun pada 2050.

Oleh karena itu, perlu bagi Anda melakukan beberapa cara agar bisa mengurangi limbah, terutama makanan sisa. Berikut cara mengurangi limbah makanan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


1. Perhitungkan saat membeli makanan

Anda mungkin merasa senang ketika melihat isi kulkas penuh dan rapi. Tapi hal ini akan berakhir buruk ketika semua makanan itu tak bisa dihabiskan tepat waktu.

Membeli makanan dalam jumlah sedikit atau seperlunya bisa mengurangi limbah sisa makanan.

2. Berpikir dua kali sebelum membuang makanan

Ketika sayuran tampak layu, bukan berarti tidak bisa digunakan sama sekali. Sayuran yang tampak layu masih bisa digunakan untuk campuran smoothie, sup atau hidangan panggang.

Anda juga bisa menggunakan roti yang telah lewat satu hari masa kedaluarsanya untuk membuat roti panggang.

10 Cara Kurangi Sampah Makanan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK